Sukses

Haid Lama Pasca Stop KB Suntik

20 Oct 2014, 07:56 WIB
Wanita, 31 tahun.
Setelah lepas KB suntik 3 bln,april 2013, saya baru mendapat haid 2x dan bln maret 2014 ini saya haid tp sudah 12 hari ko ga mampet2 ya dok??saya sudah chek ke SPOG dan semua normal, lalu saya dikasih obat Mefinal dan Plasminex, setelah saya minum 1x kenapa darah haid saya tambah deras n banyak.. Yang saya tanyakan, apa itu efek dari minum plasminex??bukannya mampet tp ko haidnya malah deras.. Tlg dok jawabannya, saya bingung n takut..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami keluhan yang Anda rasakan. KB suntik dapat menimbulkan efek samping gangguan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika terjadi perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi. Jika volume haid banyak disebut menoragia. Jika keduanya terjadi, disebut sebagai menometroragia.

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Jika sudah dipastikan tidak ada kelainan pada organ reproduksi Anda, bisa jadi keluhan tersebut merupakan efek samping kontrasepsi suntik. Seperti yang sudah dijelaskan, gangguan menstruasi dapat tetap terjadi sekalipun kontrasepsi sudah dihentikan. Darah menstruasi yang tidak berhenti bukan disebabkan oleh obat yang Anda konsumsi. Obat tersebut justru bertujuan untuk menghentikan perdarahan dan mengurangi nyeri. Tetap lanjutkan konsumsi obat tersebut dan kontrol teratur ke dokter Anda.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai menstruasi:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam,
 
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar