Sukses

Pusing, Nyeri Leher, Benjolan

20 Oct 2014, 11:01 WIB
Pria, 22 tahun.
assalamualaikum dokter, belakangan saya sring merasa pusing. saya merasakan nyeri di leher di belakang telinga kiri saya. saat diraba saya merasakan sedikit benjolan disana yang tidak saya rasakan di leher bagian kanan. apakah itu? apa yg harus saya lakukan? saat nyeri di bagian itu, kepala sebelah kiri saya terasa sakit, saya merasa kurang keseimbangan. mohon pencerahannya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perlu dibedakan antara pusing dan sakit kepala. Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar (vertigo). Sejak kapan keluhan dirasakan? Seperti apa keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah nyeri kepala di seluruh bagian kepala atau sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang?

Mengenai benjolan di belakang telinga, kami membutuhkan informasi mengenai ukuran, letak, konsistensi, batas, warna kulit, ada nyeri tekan/tidak, dan sebagainya. Informasi tersebut paling baik didapatkan melalui pemeriksaan fisik secara langsung.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. 

Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat apalagi disertai dengan gejala lain seperti pingsan dan gangguan keseimbangan, maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. Mengenai apa pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter yang memeriksa anda langsung.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

Baca juga:

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar