Sukses

Menangani Kolestrol

20 Oct 2014, 10:30 WIB
Wanita, 23 tahun.
Pagi Dokter, Ibu saya terkena kolesterol (23 tahun, berat badan 62) dan saya ingin bertanya, obat apa ya yang paling bagus dan aman dikonsumsi? saya melihat diiklan TV ada nama obat OMEPROS dok, dan ternyata pada kemasannya tertulis 'suplemen makanan' bukan obat, Apakah aman jika mengkonsumsi suplemen tersebut Dok? Apakah tidak menimbulkan efek samping dalam jangka panjang?. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih Dok. :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kolestrol merupakan suatu substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon. Seperti air dengan minyak, kolestrol di dalam darah tidak dapat bercampur hingga untuk transportnya kolestrol memerlukan “angkutan” yaitu LDL (low density lipoprotein - kolestrol jahat) dan HDL (high density lipoprotein - kolestrol baik). Terlalu banyak LDL dalam tubuh dapat menimbulkan komplikasi berupa plak pada jantung atau organ-organ lain. Trigliserid juga merupakan suatu jenis lemak dalam profil kolesterol Anda. 

Kolesterol yang tinggi disebabkan oleh konsumsi lemak yang tinggi. Selain itu terdapat faktor keturunan. Apakah Anda memiliki keturunan kolesterol di keluarga? Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. kurangi makanan fast food / junk food. Bila perlu, dapat diberikan obat kolesterol.

 

Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis. 

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng

  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak

  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas

  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum

  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan

  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)

Untuk obat yang tepat biasanya disesuaikan dengan kadar kolestrol( Kolestrol total, LDL, dan HDL) serta kadar Trigliseride.  Omepros merupakan suatu jenis suplement makana yang berisi berbagai macam nutrisi dan vtiamin. Selama ini tidak laporan mengenai efek smaping dari obat ini. Jadi tidak apa dikonsumsi namun baiknya harus seusai dengan aturan pakai. 

Berikut ini juga kami sertakan artikel-artikel yang dapat berguna untuk Anda memahami mengenai gangguan profil lemak dalam tubuh, cara menanganinya dan makanan-makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.
  

 

Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kolesterolyang kami miliki untuk informasi dan panduan lengkap.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar