Sukses

Asma Dan Kehamilan

20 Oct 2014, 09:56 WIB
Wanita, 19 tahun.
Assalamu alaikum wr.wb Dok,saya ingin bertanya.saya merupakan kelurga dgn pnxkit Turunan "asma". dan saya pernh mendengar cerita,katanya sesorng dgn riwayat asma itu susah hamil. apakah ini benar dok ?? atau hnya sekedar mitos belaka ?? jika benar adanya,apa yg menyebbkn hal rsebut?? apkah ad hormon ataw ss2 yg ada di dlam tubuh smpai mempersulit kehamilan ?? jika tidak Benar,dan apa yang harus saya lakukan agar saya aman dalam masa kehamilan ?? dan jika saya ingin melakukan proses persalinan Normal,apakah obat yang sebaiknya di konsumsi agar tidak menimbulkan Komplikasi ?? dan atas indikasi apa saya harus melakukan opersi Bedan dgn khmilan saya ?? terima kasih dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Tidak ada hubungan kesulitan hamil dengan kondisi asma. Asma disebabkan oleh reaksi hiper-reaktifitas dari saluran pernafasan yang dapat dipicu oleh beberapa hal seperti alergi, infeksi, atau iritasi. 

Tidak ada efek samping yang dapat muncul selama hamil. Namun pada kehamilan trimester kedua dan ketiga dapat kambuh terutama pada kehamilan 6 bulan. Bila terjadi kambuh maka Anda diharapkan menggunakan obat asma Anda seperti biasa. Sebaiknya selama kehamilan Ibu menghindari hal-hal yang dapat mencetus asma Ibu. 

Asma tidak dapat dihilangkan, namun dapat dikendalikan dengan menghindari pencetus dan mengkonsumsi obat-obat pengendali asma. 

Berikut saya sertakan artikel untuk panduan informasi lengkap Anda:

Pengetahuan Praktis Tentang Asma

18 Cara Cegah Asma Kambuh

 

 

Pengobatan asma dalam kehamilan

Semoga proses kehamilan istri Anda berjalan dengan baik. Ibu dan bayi sehat selalu. Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi mengenai masa kehamilan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar