Sukses

Diet Untuk Hipertiroidisme

18 Oct 2014, 22:48 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat Sore Dr Saya Tolong tanya Jika mama saya terkena Hipertiroid apa saja makanan & minuman yang tidak diperbolehkan & apa sajakah makanan , minuman , sayur-sayuran & Kacang-Kacangan yang baik & diperbolehkan untuk dikonsumsi Penderita Hipertiroid ??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Bila ibunda mengalami penurunan berat badan atau pengurangan massa otot, penambahan kalori dan protein pada diet dapat bermanfaat. Dokter akan merekomendasikan jumlah kalori serta komposisi diet yang diperlukan. Bila kondisi hipertiroidisme sudah terkontrol, pengaturan diet tersebut tidak diperlukan lagi. Terapi hipertiroidisme juga dapat berkontribusi kepada peningkatan berat badan yang berlebih sehingga penting untuk mengetahui berapa nutrisi yang diperlukan.

Selain itu, perlu dipertimbangkan juga asupan natrium dan kalsium. Hipertirodisme dapat mengakibatkan penipisan tulang. Karena itu, asupan kalsium yang cukup penting untuk mencegah osteoporosis. Kadar kalsium yang direkomendasikan untuk orang dewasa usia 19 – 50 tahun dan pria usia 51 – 70  tahun adalah 1000 mg/hari. Keburuhannya meningkat menjadi 1200 mg/hari pada perempuan berusia 51 tahun ke atas atau laki-laki 71 tahun ke atas. Suplementasi vitamin D juga direkomendasikan sebanyak 600 IU/hari untuk orang dewasa berusia 19 – 70 tahun dan 800 IU/hari untuk orang berusia di atas 71 tahun.

Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter yang merawat ibunda untuk pengaturan dietnya. Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar