Sukses

Anak Dengan Cerebral Palsy

18 Mar 2014, 14:28 WIB
Wanita, 28 tahun.
Anak saya berumur 1 tahun, lahir prematur diusia kandungan 32 minggu, belum bisa duduk maupun merangkak. Saat ini hanya bisa berguling saja. Setelah kontrol selema beberapa bulan, Dokter mendiagnosa Cerebral Palsy type pastik dan disarankan untuk fisioterapi. Setelah mengikuti fisioterapi, apakah anak saya bisa seperti anak normal lainnya? bagaimana masa depannya nanti? bagaimana perkembangan intelegensinya? apakah ada kemungkinan keterbelakangan mental atau bagaimana?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Cerebral palsy merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan kelainan yang memengaruhi pergerakan tubuh, keseimbangan, dan postur.  Cerebral palsy dapat juga diartikan sebagai kelumpuhan pada otak (brain paralysis). Penyebabnya antara lain adalah perkembangan abnormal atau kerusakan pada satu atau lebih bagian otak yang mengendalikan tonus otot dan aktivitas motorik (pergerakan)-dalam hal ini penyebabnya termasuk kejang yang disebabkan oleh infeksi dalam otak, atau benturan keras pada kepala anak.

Umumnya anak dengan cerebral palsy akan lambat mencapai tahapan perkembangan sesuai usianya seperti merangkak, duduk, berjalan, bahkan untuk gerakan sederhana sekalipun. Juga dapat disertai berbagai masalah lain seperti keterbelakangan mental, masalah pernapasan, masalah kemih dan pencernaan, makan, dsb. Bagaimanapun, banyak di antara anak dengan cerebral palsy memiliki tingkat intelegensia normal atau di atas rata-rata, namun dibatasi oleh kemampuan dalam berkomunikasi. Kemampuan ini sebenarnya masih dapat diperbaiki dengan melakukan intervensi yang tepat, termasuk di dalamnya adalah fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi berbicara/menelan.

Bagaimanapun, yang dapat menentukanatau menjelaskan kondisi anak Ibu maupun kemungkinan perkembangan saat ini adalah dokter anak yang menanganinya. Kami sarankan sebaiknya Ibu berdiskusi langsung dengan dokter spesialis anak, khususnya divisi neurologi anak untuk untuk lebih jelasnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar