Sukses

Herpes Pada Kehamilan

20 Mar 2014, 08:24 WIB
Wanita, 25 tahun.
Wkt sy priksa ke dokter kandungan, sy dinyatakan hamil 4 minggu dan langsung disuruh cek lab untuk tokso dll... menurut hasilny klo dr smw cek yg dilakukan dulu sempat positif tp skg negatif... yg mau ditanyakan, saat ini sy sedang menderita herpes di dada n leher... apakah ini berpengaruh ke janin? Bagaimana cara pengobatany? Trims...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Risiko transmisi herpes simplex virus tipe 1 atau 2 saat persalinan terjadi pada perempuan dengan herpes genital pada triwulan kedua atau ketiga kehamilan dan melahirkan per vaginam sebelum sistem imun dapat memproduksi antibodi terhadap virus herpes.

Ibu hamil dengan infeksi lama memiliki risiko transmisi atau penularan HSV-1 atau HSV-2 yang rendah. Persalinan dapat dilakukan per vaginam selama tidak ada lesi aktif di saluran genitalia. Jika terdapat outbreak yang aktif, dokter akan melakukan operaso sectio caesaria. 

Bila infeksi terjadi pada triwulan pertama kehamilan, terdapat peningkatan angka aborsi spontan dan resitrksi pertumbuhan janin. Hanya pada beberapa kasus terjadi transmisi virus melalui plasenta, menyebabkan infeksi kongenital berat. Terapi antivirus diperbolehkan pada trimester pertama kehamilan bila diperlukan. 

Diskusikanlah dengan dokter kebidanan dan kandungan yang merawat Anda mengenai perlu atau tidaknya terapi antivirus serta kondisi kehamilan dan janin saat ini. Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar