Sukses

Wasir Pada Ibu Hamil

20 Mar 2014, 13:59 WIB
Wanita, 24 tahun.
Slmat pagi dok, saya iingin menanyakan, seberapa bahayakah wasir interna grade II? Apakah hrus d lakujan tindakan invasi? Pngbtan sprti apakah yang bisa d lakukan? Dan jika bisa d lakukan dgn medikasi, obtan sprti apa yang aman untuk ibu hamil?nkrn saya khawatir jika saya melahirkn nnti wasirnya smkn membesar... tmksih dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Salah satu penyebab wasir pada ibu hamil adalah konstipasi yang sering terjadi karena perubahan hormonal. Perubahan yang ada termasuk peningkatan tekanan pembuluh darah balik (vena) karena pembesaran massa pelvis.

Konstipasi dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasit dapat dikurangi dengan melakukan olahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan seimbang, termasuk serat dan cairan. Dokter dapat meresepkan pelunak tinja atau suplemen serat.

Selain itu, beberapa cara yang dianjurkan oleh American Pregnancy Association antara lain:

  • Mengusapkan baking soda (dalam bentuk pasta atau powder kering) pada area wasir untuk mengurangi gatal.
  • Mandi air hangat dengan baking soda dapat meningkatkan sirkulasi pada wasir. 
  • Gunakan jus lemon untuk mengurangi pembengkakan dan perdarahan. 
  • Gunakan salep penghilang rasa nyeri. 
  • Gunakan kompres dingin. 

Kami menyarankan agar Ibu memeriksakan kondisi wasir tersebut ke dokter yang menangani Ibu agar dapat dievaluasi kembali derajatnya serta rencana terapinya. Beberapa terapi wasir yang tidak berupa tindakan surgikal (operasi) antara lain koagulasi bipolar, hemorrhoidal arterial ligation, rubber banding, dan freezing.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar