Sukses

Nyeri Payudara

18 Mar 2014, 04:59 WIB
Wanita, 24 tahun.
selamat pagi dok saya mau bertanya umur saya 24 dan saya sudah menikah pada bagian payudara kiri bagian bawah tiba tiba sakit bila tertekan dan membuat saya kaget, tapi jika saya raba tidak ada benjolan, dan kejadiannya sudah seminggu dok,apakah saya punya kanker? apakah jika payudara sakit sulit untk memiliki anak?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekahwatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang timbul pada payudara Anda, dapat disebabkan oleh beberapa hal, bisa berupa gangguan otot, saraf tulang atau infeksi payudara. Mengingat usia Anda yang masih muda, kanker payudara, seperti dugaan Anda, sepertinya bukan kemungkinan yang besar. 

Infeksi payudara, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah mastitis. Gejala-gejalanya yaitu payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara. Infeksi pada payudara biasanya terjadi pada payudara wanita yang telah menyusui, namun tidak menyingkirkan kemungkinan untuk timbulnya infeksi payudara pada wanita yang tidak menyusui. Infeksi payudara ini dapat terjadi akibat adanya luka pada payudara yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya (misal akibat hidradenitis supuratifa dari ketiak).

Wanita yang belum menyusui yang mengalami mastitis sebaiknya perlu menjalani pemeriksaan mammogram atau biopsi payudara. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara, karena kanker payudara dapat memberikan gejala yang menyerupai mastitis (antara lain keluarnya nanah dan darah dari putting payudara)

Anda tidakmemiliki tanda lain seperti kemerahan dan keluar nanah. Nyeri payudara juga dapat hilang timbul mengikuti siklus haid. Keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar