Sukses

Bercak Perdarahan Saat Menggunakan KB Suntik

19 Oct 2014, 05:01 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dok, saya melahirkan 11 januari 2014, tgl 26 februari saya suntik KB yg 3 bulan, tapi senin kemarin keluar bercak darah merah kecoklatan sampai hari ini, apakah ini normal dok? oh ya, thn 2012 saya sempat punya kista kira2 3cm sampai Maret 2013 di USG masih ada dgn ukurn yg sama. saya mnikah April 2013. Apa ada kmungkinan kista itu muncul lagi?? Terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. 

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Kontrasepsi yang paling ideal sejauh ini adalah kondom. Selain dapat mengurangi resiko terpaparnya penyakit menular seksual, efek samping yang dialami oleh baik wanita atau pria hampir tidak ada. Pada wanita penggunaan kondom juga tidak akan mengganggu siklus haid. Namun meskipun baik, kondom juga memilki resiko kegagalan misalnya saat terjadi robekan pada kondom yang dapat berpotensi meningkatkan kehamilan dan faktor kegagalan ini cukup besar.

Apabila pertanyaan Anda apakah kista masih mungkin muncul, jawabannya adalah mungkin. Namun tidak semua kista perlu dibedah, ada yang hanya perlu di observasi saja. Konsultasikan masalah ini dengan dokter kandungan Anda untuk diskusi pemilihan terapi terbaik.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda: 

Keluarga Berencana 

Pendahuluan KB

Kondom

Pil Kombinasi

Fokus Urus Anak, Tidak Ada Salahnya Pakai Kontrasepsi

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

Apakah Kondom Baik untuk Vagina?

Kondom Berkualitas Efektif Cegah PMS

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar