Sukses

Trombosit Rendah

15 Mar 2014, 22:05 WIB
Wanita, 15 tahun.
apa Penyebab Leukosit, Trombosit, Hemoglobin naik? Saya sudah berobat,awal nya 83000 menjadi 157000. lalu saya mencoba pengobatan alternatif dengan minum jamu alang alang. hasil nya turun menjadi 79000. namun setelah 1 bulan kemudian cek kembali, hasil nya naik lagi menjadi 119000. Trombosit , HB juga tidak normal. Apa yang harus saya lakukan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Yang Anda maksudkan dari nilai tersebut adalah nilai trombosit bukan? Penurunan nilai trombosit ada banyak penyebabnya, jika disertai demam tinggi biasanya berkaitan dengan demam berdarah. Apakah Anda mengeluh demam atau menggigil? Ada nyeri otot atau belakang mata? Demam berdarah merupakan suatu infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus dengue. Ada 4 tipe virus dengue yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3, dan DEN 4. Penularan virus ini adalah melalui nyamuk aedes aegypti dan aedes albopticus. Oleh karena ada 4 tipe virus, maka dalam seumur hidupnya seseorang bisa menderita demam berdarah sebanyak 4 kali. 

Setiap virus dapat menyebabkan infeksi yang berbeda-beda pada tubuh, tipe virus tertentu terkadang tidak menimbulkan gejala dan tipe virus yang lain malah yang bisa menyebabkan DBD berat. Semua juga tergantung dari mekanisme pertahanan tubuh setiap orang. Dimana gejala dapat berbeda pada setiap orang.

Demam berdarah hanya berlangsung 7 - 8 hari, sebab sudah ada polanya. 

Untuk mendiagnosa penyakit demam berdarah ada beberapa kriteria : 

1. Dari gejala : demam akut (demam mendadak tinggi adalah ciri khas dari infeksi virus), pegal linu (nyeri sendi), nyeri kepala, badan lemas, dapat disertai mual, muntah, diare, nyeri perut. 

2. Dari pemeriksaan tubuh : ditemukannya petikiae yaitu bercak merah pada tubuh dimana bila ditekan, bercak merah tersebut tidak hilang. 

3. Dari hasil lab : Untuk mendiagnosa ini benar demam berdarah diperlukan pemeriksaan berupa NS1 (badan dari virus ) dimana NS 1 ini kebanyakan positif pada hari 1 - 3 demam. Pemeriksan IgM dan IgG dengue, yang muncul pada hari ketiga demam dan seterusnya. 

 

Namun, seseorang tidak dapat didiagnosa menderita DBD hanya karena trombosit yang turun sebab banyak penyakit yang bisa membuat trombosit turun. Untuk mendiganosa DBD harus dipastikan dengan pemeriksaan NS1, IgM atau IgG Dengue. Bila Anda tidak merasa demam, dan memang setiap anda test darah trombosit anda dibawah 100.000 untuk waktu yang lama, mungkin ada penyakit lain. Coba pastikan dahulu hal tersebut. Anda dapat lakukan pemeriksaan darah lagi untuk melihat trombosit anda.  

Kami menyarankan Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk menelusuri penyebab trombosit turun, karena banyak kemungkinan penyakit yang menyebabkan trombosit turun. Diagnosis penyakit hanya dapat ditegakkan setelah dilakukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (AN)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar