Sukses

Golongan Darah Suami dan Istri Berbeda Apa Efeknya Terhadap Bayi

19 Oct 2014, 04:39 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dokter mau nanya.. Saya golongan darah O dan suami A.. Skrg saya hamil 37 week.. Yg mau saya tanyakan..apakah golongan darah saya sama suami bisa menyebabkan bayi lahir kuning?? Soalnya kata bidan golongan darah O dan A bisa menyebabkan bayi kuning.. Terimakasih dokter..
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti akan kekhawatiran yang Anda rasakan, dan kami perlu mengacungi Anda jempol atas pertanyaan Anda karena sebagai orang tua Anda aktif dalam mencari informasi kehamilan Anda. Ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai pertanyaan Anda yang didalam dunia kedokteran kami menyebutnya sebagai inkompatibilitas darah A-B-O.

Setiap golongan darah manusia dibedakan menjadi  A-B-O-AB karena susunan molekulnya yang berbeda-beda sehingga setiap golongan darah memiliki karakteristik dan anti gen (immunitas) yang berbeda pula. Pada saat Anda hamil terdapat peluang terjadinya reaksi pada calon bayi Anda karena reaksi imun (pertahanan tubuh) terhadap golongan darah yang lain. Itulah sebabnya seseorang dengan golongan darah A misalnya tidak dapat di transfusi golongan darah yang berbeda. 

Anda tidak perlu khwatir, saat ini dunia kedokteran begitu canggih dan maju. Oleh karena itu selama Anda rajin berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan selama Anda hamil, dan pada saat bersalin Anda ditangani oleh dokter yang kompeten maka resiko resiko tersebut dapat ditangani, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa Anda untuk mendatkan jawaban atau informasi yang lebih lengkap.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar