Sukses

Nyeri Ulu Hati Sebabnya Maag?

20 Oct 2014, 07:52 WIB
Pria, 27 tahun.
Dokter saya mau tanya saya kemaren bwa motor cums sbntar ulu hti dan dada saya sesak smpe2 saya muntah prut mual.dkter blg saya mag.ap bnar dkter? Trima kasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan Anda (nyeri ulu hati, sesak napas, mual, muntah) memang dapat disebabkan karena adanya masalah pada saluran cerna. Dokter Anda mengatakan bahwa Anda mengalami sakit maag. Sakit maag dalam dunia medis disebut juga dengan dispepsia. Dispepsia dapat terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori. 

Bila Anda terkena gastritis maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 

Jika setelah pengobatan dan perubahan pola hidup keluhan Anda membaik maka Anda tidak perlu khawatir, namun jika keluhan berlanjut dan Anda rasakan sangat mengganggu, kami anjurkan Anda untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

6 Makanan Perparah Maag

Beda Sakit Maag dan GERD

Mual dan Muntah

Nyeri Lambung Gejala Gastritis

Tips Cegah Tukak Lambung

 

Dispepsia

Sakit Batu Empedu Sering Dikira Maag

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar