Sukses

Masalah Payudara, Perlu Operasi?

20 Oct 2014, 06:49 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok kemarin saya usg hasilnya seperti ini : pada kwadran atas agak lateral mamma sinistra tampak lesi hanya sedikit lebih hipoekhoik dari jaringan fibroglandular sekitarnya, dengan sedikit bayang isoekhoik seperti garis garis di parenkimanya, berbatas relatif tegas 17x14x19mm scan mamma dextra dan bilateral axila tak tampak kelainan. kesan :mammary dysplasia sinistra. DD/FAM yg ingin saya tanyakan dok saya tumor atau kanker ya dok? apa harus d operasi? dokter yg memeriksa saya menganjurkan operasi tp untuk operasi saya ga siap dan ga ada biaya maksud dr hasil usg saya apa ya dok? kemungkinan terburuk nya yg saya akan alami apa kira kira? terimakasih dok :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Benjolan atau tumor pada payudara bisa berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita  di bawah usia 30 tahun, tumor tersebut kemungkinan besar memang merupakan tumor jinak yang disebut fibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

 

Di bawah usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita.

Penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary dysplasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Benjolan ini umumnya multipel dan pertumbuhan dipengaruhi oleh hormonal dan terjadi seiring dengan siklus menstruasi. 

Benjolan ini akan menghilang setelah wanita selesai menstruasi dan dapat kembali terjadi ketika menstruasi datang. Apabila didapatkan ada mammary dysplasia, maka yang dilakukan adalah evaluasi untuk memastikan bahwa benjolan yang ada bukanlah dikarenakan keganasan. Tidak ada obat yang ditujukan untuk mengatasi mammary dysplasia karena benjolan ini dipengaruhi oleh hormonal.

Apabila ada nyeri, Anda dapat mengonsumsi obat analgetik atau antinyeri seperti parasetamol d untuk mengurangi rasa sakit yang datang.

Jika memang FAM maka memang perlu dioperasi karena terdapat kemungkinan untuk berkembang menjadi keganasan, untuk itu sebaiknya keluhan Anda tetap dipantau dan jika tidak ada perkembangan yang baik maka sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter.

Untuk informasi lengkap, kami sertakan artikel: 

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker.

Gimana sih Payudara yang Normal?

Kanker Payudara, ini 3 Faktor Risikonya!

5 Langkah Periksa Payudara

7 Terobosan Baru Atasi Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam, 

Redaksi KlikDokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar