Sukses

Kemerahan pada Kulit

19 Oct 2014, 20:14 WIB
Pria, 27 tahun.
selamat siang dok nama Ryan dan ingin berkonsultasi sedikik masalah kulit. sebelumnya saya pernah sakit demam tinggi. setelah saya sembuh muncul kemerahan pada pipi saya yg disebut eksim. saya sudah konsultasi ke dokter kulit di salah satu skin care ternama dijakarta dan diberi obat minum dan salep,bukan malah menyembuhkan tetapi eksim tersebut melebar dan munculnya bentol kemerahan (seperti digigit serangga) pada wajah dan menyebar ke seluruh bagia wajah leher dan badan dan punggung saya dan bentol tsb menjadi bekas hitam,. saya sempet konsultasi lagi pada dokter yg sama dan diberi obat yg berbeda dr sebelumnya tetapi hasilnya nihil. yg mau saya tanyakan, apa penyebab meradangnya alergi pada tubuh saya? dan bagaimana menghilangkan bentol tbs beserta bekasnya. jujur rasa ketidak nyamanan ini bikin saya minder, kemana mana harus menggunakan jaket untuk menutupi bekas tbs. belom lagi kalo penyakit itu meradang, seluruh muka saya merah dan nnt kering dan pengelupasan sendiri. makasih atas bantuannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kemerahan pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit, mulai dari alergi, gigitan serangga, kutu (scabies), infeksi, keringat buntet, jerawat, dan lain-lain. Selain deskripsi yang lengkap, untuk mengetahui diagnosis penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. 

Jika dugaan paling utamanya adalah karena alergi maka perlu diperhatikan pemicu/pencetus munculnya lesi pada kulit serta perlu dihindari. Perhatikan dan catat apa saja yang memicu munculnya keluhan pada kulit Anda dan hindari. Memang diperlukan kesabaran dalam mengatasi masalah kulit karena terkadang reaksi individu terhadap suatu pengobatan berbeda-beda dan rentang waktunya juga berbeda bergantung pada respon individu. Faktor-faktor lain seperti jenis kulit dan sensitivitas perlu dipertimbangkan. Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin di rumah sakit pendidikan untuk evaluasi lebih lengkap. 

Untuk penanganan bekas peradangan pada kulit perlu disesuaikan dengan keparahan, kedalaman dan usia bekas peradangan.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar