Sukses

Benjolan pada Leher Anak

18 Oct 2014, 20:15 WIB
Wanita, 34 tahun.
Siang Dokter, nama saya Ida, saya punya putri bernama Shello ( perempuan - usai 2 thn ) . Shello ada benjolan di bawah leher / di dada mulai bulan Sept 2013. saya sering konsultasi ke dokter atas penyakit ini. Dan salah satu info dari dokter specialis anak menderita sakit fistula. Setelah di beri obat, namun benjolan tsb tdk hilang. Maksudnya sembuh muncul kembali. Mohon di bantu saran / tindakan yang harus saya lakukan. Terima kasih. Tuhan Memberkati
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan terhadap kondisi Shello. Benjolan pada leher dapat disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering ditemukan adalah kelenjar getah bening yang membengkak. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening dapat membesar pada keadaan infeksi (bakteri atau virus), keganasan,  atau pada kondisi lain. Selain itu, benjolan pada sisi leher dapat pula disebabkan oleh pembengkakan kelenjar liur, kelenjar minyak, dan penumpukan jaringan lemak di bawah kulit (lipoma).

Untuk itu perlu diketahui karakteristik benjolan tersebut, seperti perabaannya kenyal atau tidak, apakah dapat digerakkan atau digeser, apakah nyeri, apakah semakin membesar, apakah didahului oleh radang, dsb yang baru dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksan fisis secara langsung. Oleh sebab itu, kami menyarankan sebaiknya Bapak segera memeriksakan benjolan tersebut ke dokter spesialis anak untuk second opinion atau dokter spesialis bedah onkologi untuk mengetahui secara pasti penyebab benjolan tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar