Sukses

Susu untuk Penderita Tifus?

19 Oct 2014, 20:07 WIB
Wanita, 23 tahun.
pagi Dok... saya melanjutkan pertanyaan saya mengenai penyakit Typus. pada penjelasan Dokter kemaren katanya bahwa orang penderita typus sebaiknya menghindari makanan yang berserat tinggi dan sedang sprt susu dan produk susu. Nah, kemaren saya baca di google bahwa penderita typus bisa mengkonsumsi susu... yang menjadi pertanyaan saya, 1. saya sedang menderita penyakit typus Dok, dan sudah 2 hri saya konsumsi susu bubuk Full Cream. Apakah itu menjadi hambatan untk kesembuhan typus saya Dok? 2. semenjak sudah berobat, kenapa saya sering gembung baik siang hari maupun malam, apa yang menjadi faktor penyebab tersebut Dok? 3. kenapa setelah saya konsumsi obat yang dari dokter saya sering buang air kecil, apakah itu suatu penyakit Dok? terima kasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda satu per satu.

1. Yang dimaksudkan pada keterangan kami agar penderita demam tifoid menghindari susu dan produk susu terutama terkait bila penderita mengalami gejala diare dan juga memiliki gangguan intoleransi laktosa (mengalami diare jika minum susu). Susu dan produk susu biasanya lebih sulit untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan kembung dan juga bila mengalami diare dan memiliki intoleransi laktosa maka dapat memperparah diare yang dialami. Jika Anda tidak mengalami keluhan diare dan juga selama ini tidak ada masalah dengan konsumsi susu maupun produk susu maka tidak ada masalah dengan konsumsi susu atau produk susu. 

Namun jika Anda sering mengalami kembung jika mengkonsumsi susu maupun produk susu maka sebaiknya Anda menghindar konsumsinya sementara waktu karena dapat memperparah keluhan kembung Anda.

2. Perut kembung dapat disebabkan karena konsumsi makanan Anda. Selain itu pada demam tifoid, saluran cerna Anda memang sedang mengalami gangguan sehingga konsumsi makanan memang sebaiknya lebih diperhatikan.

Berikut kami sertakan link artikel-artikel terkait untuk kemudahan Anda:

 

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Menghilangkan Kembung

4 Makanan Penyebab Perut Kembung

Mencegah Kembung

3. Obat apa yang Anda konsumsi? Bagaimana dengan konsumsi cairan Anda, apakah semakin banyak? Sayang sekali Anda tidak memberikan penjelasan obat-obat apa saja yang saat ini Anda konsumsi sehingga kami tidak dapat menjawab pertanyaan Anda. Perhatikan asupan cairan Anda. Jika Anda memang mengkonsumsi cairan cukup banyak, berada di dalam ruangan AC maka wajar untuk sering buang air kecil dan bukanlah suatu penyakit. Namun jika keluhan Anda juga termasuk BAK tidak lampias, menetes, anyang-anyangan, maka kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

1 Komentar

  • rizki kamarullah

    siang Dok.. saya mau nanya bagi penderita tipoid bisa tidak olahraga berat seperti angkat barbel atau fitnes bgtu Dok ? trus bisa tidak minum susu protein tinggi sperti muscle juice ? makasi Dok