Sukses

Apa Itu Kolonoskopi?

20 Oct 2014, 10:21 WIB
Wanita, 28 tahun.
ass..dok..mw tny,ibu saya hbs operasi pengangkatan kista -+3 thun yll. akhir2 ini srg mengeluh susah BAB. kami sdh periksa mll dokter yg menangani operasi kmrn maupun dokter umum. hasilnya sama disarankan utk kolonoskopi. yang saya mw tnyakan nanti jk mw kolonoskopi..hndaknya kami ke dokter yg mnangani operasi kmrn atau dkter spesialis lainnya?! kemudian apa efek samping dr kolonoskopi?!trm kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kolonoskopi merupakan suatu teknik untuk melihat ke dalam usus menggunakan suatu alat yang dinamakan kolonoskop. Sebelum prosedur Anda dapat dibuat tenang. Alat ini akan dimasukkan ke dalam anus Anda. Oleh karena itu sebelum melakukan prosedur ini Anda akan diminta untuk puasa 2-3 hari dan selama 1-3 hari sebelum prosedur Anda akan diminta mengkonsumsi banyak air putih. 

Efek sampingnya terdiri dari pendarahan bila dalam usus terdapat polip, robekan pada usus, infeksi, dan reaksi obat penenang seperti penurunan tekanan darah dan gangguan pernafasan. Untuk kolonoskopi biasanya dilakukan oleh dokter specialis penyakit dalam sub specialis gastro-entero hepatology (KGEH). 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar