Sukses

Maag

10 Mar 2014, 15:13 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selmat pagi Dok. Terima kasih dok sebelumnya ada forum ini. Yang saya ingin tanyakan dok, mengapa setiap mau menstruasi penyakit maag saya kambuh. jd sebelum mens saya muntah2 ini berlangsung paling cepat 3 hari sblm mens smpi seminggu sblm mens. Trs mens dan hari terakhir mens juga begitu. Apakah saya menderita penyakit apa dok? Terus berbahaya kah dok? Saya pernah tanya dgn dktr penyakit dalam katanya hormon. Tapi setiap bulan sangat mengganggu. Trs mens sering telat dok? Kadang banyak sekali kadang sangat sedikit. Keputihan sangat banyak tiap bulan Dok. Terima kasih atas penjelasan nya Dok.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Hal tersebut tidak ada hubungannya dengan haid tidak teratur yang Anda alami.  

 

Bila benar anda terkena maag maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 

Untuk itu, jika keluhan Anda rasakan sangat mengganggu, kami anjurkan Anda untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

6 Makanan Perparah Maag

Beda Sakit Maag dan GERD

Mual dan Muntah

Nyeri Lambung Gejala Gastritis

Tips Cegah Tukak Lambung

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar