Sukses

Kekambuhan Tuberkulosis

08 Mar 2014, 20:48 WIB
Pria, 26 tahun.
Kepada yang terhormat ibu/bapa dokter saya mau bertanya,2tahun lalu saya di vonis kp sama dokter.saya berobat jalan smpai 10 bulan,dan di rotgen kembali,yang ingin saya tanyakan apakah kp bisa kambuh kembli mengingat kalau kata dokter yang nangangi saya sudah sembuh dari kp Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bagi penderita Tuberkulosis yang sudah sembuh, bisa saja mengalami infeksi ulang dalam hal ini reinfeksi, atau jika masih ada kuman Tuberkulosis dalam tubuh, bisa mengalami reaktivasi sehingga Anda akan mengalami penyakit Tuberkulosis kembali. Jika Anda mengalami gejala batuk lama tidak membaik dengan pengobatan TB, penurunan berat badan, keringat malam cobalah konsultasikan dengan dokter segera.

Selain itu, untuk menambah wawasan Anda, izinkan kami menjelaskan tentang penyakit Tuberkulosis. Penyakit Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Tuberkulosis. Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 3 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi. Penentuan diagnosa tuberkulosis (TB) berdasarkan 3 hal, anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mengarah, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen yang memperlihatkan hasil TB. Sayang sekali Anda menghentikan pengobatan sebelum dinyatakan tuntas sembuh, karena pengobatan yang tidak sesuai aturan dapat meningkatkan risiko resistensi kuman TB di kemudian hari. Saya sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tuntas.

Saya lampirkan artikel Tuberkulosis untuk menambah pengetahuan anda:

Tuberkulosis

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu dan anda lekas sembuh.(AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar