Sukses

Nyeri Akibat Stress

18 Oct 2014, 14:45 WIB
Wanita, 31 tahun.
Selamat siang dokter, Saya memiliki keluhan di daerah lutut. Setiap saya bersimpuh, atau berdiri dari posisi tidur atau jongkok, daerah lutut terasa sakit, nyeri. Sakit pada lutut ini sudah saya rasakan sejak tahun 2012-2013 namun saya abaikan karena saya pikir hanya karena saya kelelahan saja. Memang jarak tempuh rumah di bekasi dengan kantor di Jakarta Barat sangat jauh. Saya biasa naik busway atau patas/sejenisnya. Jadi bisa dipastikan saya ngejar2 bus atau berdiri lama menunggu busway, bahkan berdiri sepanjang perjalanan pulang. Akhir2 ini rasa nyerinya semakin menjadi. Setiap mau berdiri/melakukan gerakan terdengar bunyi "kreekk" dari daerah lutut. Ditambah rasa pegal/lelah pada daerah lutut ke bawah, saya jadi malas beraktivitas terlalu lama, kasihan kaki saya. Biasanya saya mengakali rasa lelah akibat perjalanan dengan menaikkan kaki atau refleksi. Saya tidak pernah olahraga kecuali waktu masih SD/SMP/SMA yaitu renang, bersepeda dan sekali2 jalan pagi/sore. Saya suka makan sayur terutama sayur kangkung tapi saya tidak suka taoge. Saya tidak ada alergi. Saya juga tidak keberatan makan buah. Untuk makanan daging, ayam dan sapi tapi memang kadang saya pilih2. Kalau tidak nafsu makan ayam paling makan tempe/tahu atau sayur. Saya akhir2 ini merasa bosan makan ayam, saya tidak suka ikan, paling2 hanya lele. Beberapa waktu yl saya sudah pernah rontgen lutut dan periksa asam urat. Hasilnya asam urat saya baik2 saja, hasil rontgen juga tidak memperlihatkan ada masalah pada lutut. Saya sudah diberikan obat (untuk 3 hari). Satu obat maag, obat lutut dan obat penghilang rasa sakit. Namun selepas minum obat nyeri di lutut datang lagi. Tiga hari yl pundak saya nyeri. Entah karena nyerinya menjalar atau karena hari itu saya bawa tas kerja. Tapi isinya tida banyak lho dok.. Ditambah lagi daerah panggul kiri (daerah rahim) tiba2 nyeri tanpa sebab. Ada apa dengan kesehatan saya ya dok? Terutama di lutut? Sampai sekarang saya belum periksa ke ortopedi/syaraf/kandungan. Apakah ada makanan yang tidak boleh saya makan? Terimakasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, berdasarkan keterangan yang Anda berikan nampaknya keluhan yang terjadi pada Anda bukan disebabkan oleh kelainan organik seperti asam urat ataupun gangguan sendi lutuh. Sepertinya kondisi yang Anda alami terjadi karena gangguan dari pola hidup Anda dan lifestyle yang Anda jalani saat ini. Duduk terlalu lama dikantor, jarang berolah raga, dengan pola makan tidak sehat yang membuat kondisi Anda semakin menurun padahal usia Anda masih sangat muda. 

Ubah gaya hidup Anda! Atur pola makan Anda dengan makanan yang bergizi dan konsumsi buah serta sayur mayur, mulai kebiasaan yang baik dengan berolah raga, dan imbangi kerja Anda dengan relaksasi atau hobby yang Anda gemari. Jika kondisi ini terus berlangsung kami khawatir kondisi Anda akan semakin memburuk.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar