Sukses

Kutil pada Penis

06 Mar 2014, 11:35 WIB
Pria, 21 tahun.
Selamat Pagi Dok. Saya mempunyai kekhawatiran mengenai alat kelamin saya. Jadi ada semacam kutil/jerawat yang keras terdapat tepat di kepala Penis saya. sudah lama kutil/jerawat itu muncul (saya lupa tepat nya kapan). kutil/jerawat tsb TIDAK Gatal, TIDAK Perih, warna nya agak putih dan seperti ada sesuatu yang keras didalam nya, diameter nya tidak lebih dari 2mm, dari awal muncul tidak pernah membesar, ukuran nya tidak pernah berubah sampai sekarang. Rasa SAKIT HANYA MUNCUL KETIKA saya mencoba memencet/meremas nya dengan jari seperti halnya memecahkan jerawat pada wajah. kira2 itu apa ya? saya termasuk yang sering melakukan Onani/Masturbasi dengan tangan sendiri. jika kutil/jerawat tsb adalah infeksi/bakteri dari tangan saya pada saat masturbasi, bagaimana cara mengobatinya? hal yang lebih saya khawatirkan kutil/jerawat ini adalah penyakit yang berbahaya.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah Anda sudah menikah/aktif berhubungan seksual? Apakah Anda memilki riwayat bergant-ganti pasangan seksual? Sebelumnya kami ingin menekankan pentingnya pemeriksaan fisik langsung untuk mendiagnosis kelainan pada kulit. Benjolan pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kutil atau sumbatan kelenjar. Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kutil kelamin dapat menimbulkan rasa gatal dan juga dapat menyebabkan keluhan keputihan.

Infeksi melalui kontak langsung dengan jari juga dapat terjadi namun diperlukan sumber infeksi (virus) tersebut yang biasanya didapatkan dari orang yang menderita penyakit ini.  Seseorang yang terinfeksi virus ini juga dapat tidak menimbulkan gejala (berada dalam fase laten) sehingga meskipun tidak memberikan gejala kutil kelamin namun dapat menularkan virus ini pada pasangan seksualnya. Hal-hal yang merupakan faktor risiko untuk meningkatkan kejadian adalah merokok, hubungan seksual dengan partner multipel, dan hubungan seksual pada usia muda.

Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada kutil, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar.

Namun terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa Anda menderita kutil kelamin, masih ada beberapa kemungkinan penyebab dari kutil pada kelaim, bisa saja itu bukanlah sebuah kutil namun penyumbatan kelenjar. Lebih tepatnya lagi, Anda memang perlu mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk pemeriksaan langsung untuk memastikan diagnosis dari keluhan Anda. Penanganan tepat baru dapat diberikan setelah diagnosis ditegakkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar