Sukses

Nyeri Selangkangan, Tanda dan Waktu Persalinan

20 Oct 2014, 10:03 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok, sya sedang hamil anak k 2 usia kandungan 34-36 minggu. Saat ini selangkangan saya sering sakit saat bergerak. Dari duduk atau berbaring yg lama k posisi mau berdiri sakit banget. Untuk pindah posisi saat berbaring aja juga sakit. Saat jalan jadi tidak leluasa. Pelan pelan karna sakit banget dock. Apakah arti dari sakit selangkangan itu dok? Napa udah tanda mau melahirkan? Perkiraan melahirkan tgl 10/4 2014. Apa kemungkinan bisa lebih cepat dari perkiraan melahirkannya? Saat periksa hamil, dokter nya bilang saya tidak bisa melahirkan normal, harus Caesar karna jarak antara operasi sebelumnya dengan kehamilan saya terlalu dekat. Operasi Caesar yg pertama tgl 9/11 2012. Saya tidak ingin merasakan sakit nya pembukaan terlebih dahulu baru ditindak lanjuti kalau memang tidak bisa normal. Dan kira kira mulai tanggal berapa saya bisa melakukan Caesar?

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

1. Nyeri selangkangan

Kami memahami kekhawatiran Anda, namun sulit bagi kami untuk melakukan diagnosis dengan keterangan yang terbatas dari Anda. Apakah terdapat keluhan lain selain nyeri? Di mana persisnya lokasi Anda merasakan rasa nyeri tersebut? Apakah nyeri terasa menjalar? Bagaimana nyeri tersebut, apakah seperti ditusuk-tusuk (nyeri tajam) atau seperti rasa pegal (nyeri tumpul)? Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik yang mendetil dan dapat memperkuat dugaan diagnosis pada rasa nyeri Anda bila rasa nyeri Anda dirasakan semakin mengganggu.

2. Tanda persalinan

  • Lendir bercampur darah 
    Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai Anda mendapatkan kontraksi yang teratur atau air ketuban pecah, sebelum Anda pergi kerumah sakit. Namun Anda harus segera menghubungi dokter apabila terjadi pendarahan hebat.
  • Air ketuban pecah

Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau. 

  • Kontraksi yang teratur

Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi Braxton hicks. Namun kontraksi tersebut bukan termasuk tanda persalinan. Kontraksi yang menandakan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama, bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan. 

3. Waktu melahirkan

Tanggal perkiraan kelahiran memang dapat bergeser antara 1-2 minggu. Apabila kondisi janin dalam keadaan sehat, maka proses kelahiran dapat ditunggu hingga usia kehamilan 42 minggu. Sedangkan anjuran untuk melahirkan sesegera mungkin baru dipertimbangkan berdasarkan beberapa indikasi, antara lain adalah kehamilan lewat waktu, kencing manis, gangguan pertumbuhan janin, kematian janin dalam kehamilan,  tekanan darah tinggi pada ibu hamil, pecahnya selaput ketuban dini, dsb.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar