Sukses

Keluar Darah Akibat KB Spiral?

19 Oct 2014, 08:43 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok, th 2012 sy persalinan dgn operasi caesar dan psg kb iud. Namun, perut bagian bwh sy srg sakit dan kdg mengeluarkan darah dr alat kelamin sy. Apakah itu berbahaya? Atau kah itu efek dr kb spiral? Dan apa boleh perut bagian bwh sy di pijat mengingat adanya bekas jahitan?trims dok.

Ibu/Saudari yang Terhormat, 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, dan peningkatan jumlah darah menstruasi.  Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan.

Apakah Anda mengalami perdarahan lain selain setelah melakukan hubungan seksual dengan suami Anda? Apakah Anda merasakan nyeri pada saat berhubungan seksual? 

Perdarahan yang Anda alami dapat saja disebabkan karena efek samping KB Spiral, namun bisa juga karena hal lain seperti iritasi atau infeksi vagina. Apakah Anda sering mengalami keputihan sebelumnya?

Apa tujuan ibu melakukan pemijatan? Sebaiknya tidak sembarangan melakukan pemijatan apalagi di daerah perut. 

Sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda kembali untuk pemeriksaan pemantauan letak spiral dan pemeriksaan tambahan (laboratorium) untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Jika letak KB spiral Anda tidak bermasalah dan keluhan perdarahan masih sering timbul, Anda dapat mendiskusikan dengan dokter Anda mengenai pilihan KB yang lain.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai KB Spiral:

Kontrasepsi Mekanik

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar