Sukses

Pembesaran Skrotum Bayi

20 Oct 2014, 10:55 WIB
Pria, 33 tahun.
Mohon jawaban dari dokter. Saya seorang ayah yang baru saja mendapat momongan yang kedua berjenis kelamin laki-laki, yang ingin saya tanyakan sejak lahir scrotum anak saya kok agak besar. kata dokter anak yang merawat saat kelahirannya itu tidak apa-apa, kemudian beliau memberikan gel(thrombophob), namun sampai sekarang sampai usia anak saya 20 hari kok masih agak besar ya?, sebenarnya apa yang terjadi pada anak saya ya Dok?, mohon penjelasannya.

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perlu diperhatikan apakah pembesaran kantong skrotum seimbang atau tidak, bagaimana dengan kondisi buah zakar/testis? Apakah pembesaran terjadi dengan cepat dan dengan ukuran yang mengkhawatirkan. Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis kanan dan kiri, apakah  teraba keras atau tidak. Kelainan skrotum pada bayi dapat disebabkan oleh hidrokel testis (adanya timbunan cairan).

Penyebab hidrokel pada bayi baru lahir adalah  saluran tempat turunnya testis dari rongga perut ke dalam skrotum (kantong buah zakar) masih terbuka, padahal seharusnya sudah menutup sebelum bayi dilahirkan. Akibatnya, cairan selaput rongga perut mengalir melalui saluran  tersebut dan terperangkap di dalam skrotum sehingga skrotum membengkak. Hidrokel yang umumnya berbentuk bulat, berbatas tegas dan kenyal ini bisa terjadi di salah satu atau kedua skrotum. 

Hidrokel testis yang membuat testis tergencet akan mengganggu fungsi testis. Kondisi ini bisa memengaruhi kesuburan anak yang bersangkutan di kemudian hari.  

Hidrokel pada bayi biasanya ditunggu hingga mencapai usia 1 tahun dengan harapan prosesus vaginalis menutup, maka hidrokel akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi apabila hidrokel masih tetap ada atau bertambah besar maka diperlukan tindakan berupa aspirasi/ operasi.

Anda dapat mengkonsultasikan masalah anak Anda dengan dokter spesialis bedah urologi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar