Sukses

Memilih Susu Formula

06 Mar 2014, 22:54 WIB
Wanita, 33 tahun.
Sore dokter,saya mempunyai anak 3tahun tempo hari saya salah beli susu yg umur 4-6tahun,pertanyaan saya apakah bisa kalo susu yang salah umur tersebut saya berikan ke anak saya dengan cara di oplos ? bisa bahaya tidak ya dokter untuk anak saya dan perkembangan dia nantinya ? makasih dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada umumnya kandungan susu formula untuk anak >1 tahun tidak jauh berbeda, hanya saja kandungan kalsiumnya biasanya berbeda disesuaikan dengan umur. Dalam memilih produk susu, sebaiknya sesuaikan dengan usianya dan kebutuhannya. Kebutuhan susu anak usia di atas 1 tahun juga bisa dari susu sapi cair (pasteurisasi dan UHT). Komposisi asupan makanan pada anak di usia ini adalah 2/3 dari makanan keluarga dan 1/3 dari susu. Kebutuhan susu untuk usia 2-5 tahun 400-600 cc sehari atau 2-3 gelas. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan anak tidak mau makan makanan lain.

Pembuatan susu formula bubuk harus dengan air panas bersuhu 70°C untuk mencegah berkembangnya kuman. Ikuti aturan pembuatan susu dalam kemasan, jika terlalu banyak dicampur air, maka kandungan gizi juga lebih sedikit. Susu formula yang telah dilarutkan harus segera diminum dan dihabiskan untuk menghindari kemungkinan pencemaran. Bila susu yang telah dilarutkan tidak segera diminum, maka taruhlah di lemari es dan dipanaskan kembali dengan merendamnya dalam air panas sebelum diminumkan.

Yang harus diingat adalah meskipun susu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, namun si kecil tetap harus mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan sehari-hari. Selalu perhatikan kandungan gizi dalam makanan, hal ini bertujuan untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangannya agar data berjalan optimal.

Berikut kami lampirkan artikel:

10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak (1 Februari 2014)

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK) 

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar