Sukses

Pil KB Sebabkan Sakit Kepala?

20 Oct 2014, 00:57 WIB
Wanita, 37 tahun.
Dok, kalo saya minum pil kb pertama kali saat haid hari pertama tetapi karena migrain berat saya hentikan saat hari ketiga. Setelah seminggu lebih menstruasi saya belum berhenti. Apakah ini efek dari berhentinya minum pil kb? apakah saya perlu minum obat untuk menghentikan menstruasi kali ini?

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Migrain lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, terutama pada masa reproduktif. Hal ini dipengaruhi oleh hormon seks pada wanita yang menyebabkan sikls menstruasi sebagai pemicu migrain yang signifikan pada wanita. Hormon seks, estrogen dan progesteron, memiliki efek yang luas terhadap tubuh. Begitu juga dengan pil kontrasepsi yang mengandung hormon kombinasi, termasuk migrain.

Beberapa wanita lebih sensitif terhadap fluktuasi selama siklus menstruasi. Migrain dipicu oleh menurunnya level estrogen saat menjelang menstruasi dan setelah menstruasi.

Pil Kontrasepsi dan Sakit Kepala

Kontrasepsi hormonal (terutama pil kombinasi) memang menimbulkan efek samping nyeri kepala dan menjadi salah satu alasan tersering wanita menghentikan metode kontrasepsi jenis ini. Beberapa mengeluhkan nyeri kepala pertama kali setelah mengkonsumsi pil hormonal, beberapa mengeluhankan nyeri kepala dan migrain yang semakin memberat. Hormon estrogen berperan dalam munculnya sakit kepala. Nyeri kepala muncul terutama pada saat tidak mengkonsumsi pil karena terjadi penurunan hormon estrogen. 

Yang sebaiknya dilakukan apabila sakit kepala datang menyerang adalah istirahat, minum obat pereda rasa sakit/analgetik. Kami sarankan agar istri Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf atau kandungan, jika penyebab nyeri kepala memang akibat efek samping pil KB, sebaiknya istri Anda mengganti jenis kontrasepsi, misalnya pil kb yang hanya mengandung progestin.

Sakit kepala sendiri terbagi atas beberapa bagian penyakit yang dapat Anda baca artikelnya di bawah ini :

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar