Sukses

Kesemutan Kebas Tiba-Tiba

20 Oct 2014, 06:01 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok, awal dari gejala yang saya alami adalah mengaburnya pandangan sebelah kiri, hingga terkesan saya tidak bisa melihat dengan fokus sebelah kiri saya, setelah itu tangan kiri dan wajah saya mengalami kesemutan lalu kebas. Kadang bisa sampai rasa yang aneh pada lidah. Setelah itu, saya mengalami sakit kepala yang sangat di bagian belakang. Ini indikasi dari apa ya, Dok? Saya sudah mengalami ini enam kali, terakhir kali beberapa hari yang lalu, dan yang kelima kali 1 bulan yang lalu. Dok, saya sudah konsultasi dengan dokter saraf, Dok dan hasil dari pemeriksaan fisis saya relatif normal bahkan cukup baik. Oleh karena itu saya disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti MRI ataupun EEG, urgensinya bagaimana ya donk? Karena menurut penjelasan dokter tersebut, bisa saja mengidap migran saja. Terima kasih banyak, Dok!
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Saat ini memang sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut mengenai situasi kesehatan Anda.

Perlu dilakukan pemeriksaan persarafan pada anggota tubuh Anda baik secara motorik maupun sensorik. Pemeriksaan seperti MRI juga memang dilakukan sesuai dengan kecurigaan dari pemeriksaan fisik saraf Anda.

Berdasarkan hasil pemeriksaan saraf baru dapat diketahui di bagian mana persarafan sumber masalahnya dan juga jenis masalah yang terjadi, apakah pada bagian sistem saraf pusat (otak) atau sistem saraf perifer (tulang belakang) atau migrain dengan gangguan neurologis.

Kelemahan pada sebelah sisi dapat diakibatkan karena gangguan saraf atau karena gangguan pembuluh darah otak. Diperlukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mengetahui hal tersebut. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah ada perbedaan kekuatan pada kedua belahan tubuh. 

Jika disebabkan karena pembuluh darah, maka mungkin Anda mengalami stroke mini yang disebut dengan Transient Ischemic Attack. Transient Ischemic Attack (TIA) merupakan serangan akut neurologis yang diakibatkan karena hambatan aliran darah pembuluh darah otak. Gejalanya dapat berupa kelemahan tubuh satu sisi, kesemutan, kehilangan penglihatan, sulit berbicara, atau kebingungan yang terjadi tiba-tiba. Gejala-gejala tersebut dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga 24 jam. TIA merupakan faktor risiko untuk terjadinya stroke, sehingga pemeriksaan lebih lanjut memang sebaiknya segera dilakukan, apalagi karena keluhan Anda sudah berlangsung beberapa kali.

Keluhan Anda memang bisa saja disebabkan karena migrain yang disertai dengan kelainan neurologis. Namun, tentu saja penyebab lain yang mungkin juga perlu diperiksa dan disingkirkan satu demi satu.

Setelah pemeriksaan MRI, jika tidak ditemukan kelainan maka dapat juga dilakukan pemeriksaan EEG untuk melihat gelombang aktivitas otak Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

 

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar