Sukses

Kista, Miom, Rahim Hadap Belakang

04 Mar 2014, 23:10 WIB
Wanita, 39 tahun.
Selamat siang dok, Saya baru2 ini cek ke dokter kandung dan menurut USG yang telah d lakukan d rahim saya ada Miom d depan rahim n belakang rahim, serta ada kista d kanan dan kiri rahim, serta rahim saya yang menghadap k belakang.. Yang ingin saya tanyakan, apakan miom atau kista itu bisa d obati tanpa harus operasi, dan apakan kedua hal tersebut mengganggu terhadap kehamilan, karena sampai saat ini saya belum hamil juga..dan yang d maksud dengan rahim menghadap ke belakang itu apa ya dok, Terima kasih atas jawabannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penanganan kista dan miom sangat bergantung pada ukuran, jenis dan letaknya. Untuk itu perlu Anda pastikan dengan dokter Anda apa jenis kista dan miomnya serta ukurannya. Dengan demikian Anda dan dokter Anda dapat mendiskusikan penanganan yang tepat. 

Dalam keadaan normal, rahim berada dalam posisi antefleksi dan anteversi. Posisi antefleksi adalah posisi fundus (bagian paling atas dari rahim) condong ke arah depan. Sedangkan anteversi berarti rahim sedikit naik terdorong ke depan. 

 

Disamping itu, 20-30% wanita memiliki rahim dengan posisi ke belakang yang dikenal dengan posisi rahim retrofleksi. 

Berbagai posisi uterus tersebut baik anteversi maupun retrofleksi merupakan suatu variasi normal pada anatomi sistem reproduksi wanita. Memang pada umumnya wanita selalu merasa khawatir akan pengaruh posisi rahimnya terhadap kesuburannya, namun pada kenyataannya posisi rahim tidak berpengaruh terhadap kesuburan seorang wanita dan kemampuannya untuk hamil.

Gangguan kesuburan pada kasus ini hanya karena pada saat berhubungan mulut rahim tidak terpapar oleh sel sperma. Biasanya untuk kasus seperti ini di upayakan agar cairan sperma, bisa mencapai mulut rahim, misalnya dengan posisi ibu setelah berhubungan meletakkan punggung ditempat yang lebih tinggi (diganjal).

 

Cara lain yang dapat dilakukan adalah melakukan hubungan intim dengan posisi Doggy Style (dari arah belakang) sehingga sperma tidak akan keluar lagi. Setelah itu jangan langsung tidur/berdiri, namun tetap berada dalam posisi sujud sekitar 20-30 menit. Jika kemungkinan penyebab infertilitas yang lain tidak dijumpai, maka upaya operasi rekonstruksi dapat dilakukan.

Namun, agar kehamilan Anda nantinya tidak terganggu maka kista dan miom pada rahim Anda perlu ditangani dengan baik terlebih dahulu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar