Sukses

Tanda Persalinan

04 Mar 2014, 22:40 WIB
Pria, 31 tahun.
Pagi dok... isti saya lagi hamil dan menurut perhitungan dokter tanggal 28 februari melahirkan soalnya perhitungan yang di ambil dari tanggl awal terkhir haid 19-05-2013 siklus haid istri saya juga teratur dok,tetapi sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan melahirkan kata bidan pun demikian dan kondisi kandungan istri saya baik anak yang didalam rahim juga sehat....kalau dibiarkan nunggu mules-mules apa tidak bisa bahaya pada anak saya dok.Kenapa ya kok waktu perkiraan selisih jauh padahal kata dokter yang saya kunjungi waktu usg dia bilang +- 1 minggu...mohon penjelasanya...Trimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak yang Terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk istri Anda, semoga proses persalinan berjalan lancar.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini. Tanggal perkiraan kelahiran memang dapat bergeser antara 1-2 minggu. Apabila kondisi janin dalam keadaan sehat, maka proses kelahiran dapat ditunggu hingga usia kehamilan 42 minggu. Sedangkan anjuran untuk melahirkan sesegera mungkin baru dipertimbangkan berdasarkan beberapa indikasi, antara lain adalah kehamilan lewat waktu, kencing manis, gangguan pertumbuhan janin, kematian janin dalam kehamilan,  tekanan darah tinggi pada ibu hamil, pecahnya selaput ketuban dini, dsb.

Namun apabila tanda-tanda persalinan tetap tidak dirasakan setelah usia kehamilan 42 minggu (rata-rata 40 minggu), maka induksi akan dilakukan. Apabila induksi tidak berhasil maka akan dilakukan operasi sesar. Terdapat beberapa upaya yang dapat merangsang terjadinya persalinan, seperti memperbanyak jalan (ex: jalan pagi), melakukan hubungan seksual, dan rangsangan puting susu untuk merangsang terjadinya tanda persalinan. Namun tentu saja istri Anda tidak boleh terlalu lelah, harus cukup istirahat dengan tetap mengonsumsi asupan nutrisi seimbang dan istirahat teratur. Anda tidak perlu khawatir. Cobalah untuk menenangkan istri Anda agar persalinan nanti berjalan lancar.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar