Sukses

Keluar Cairan Kehijauan Dari Penis

20 Oct 2014, 02:14 WIB
Wanita, 20 tahun.
Selamat Pagi, Tim Klikdokter.. Dok, saya Caca. Disini saya ingin menanyakan tentang Mr. P suami saya, sudah beberapa minggu ini, Suami saya mengeluh ke saya, dan berkata kalau Mr. P mengeluarkan cairan bening, kadang kadang kuning kehijau-an.. Saya juga melihatnya saat Suami saya mengenakan CD warna putih, sama persis seperti Keputihan yang biasanya saya alami.. Riwayat, saya dan suami saya pernah berhubungan intim saat saya Keputihan, apa bisa menular ya Dok ke Suami saya? Yang saya tanyakan, * Suami saya kena penyakit apa ya Dok? Berbahaya gak? * Apa Pria bisa terkena keputihan? * Lalu adakah obat atau antibiotiknya? * Kalau Suami saya ingin cek lab, apa harus di kuret Mr. P suami saya Dok? Terimakasih, Salam Sukses Selalu Caca Praboto
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhromat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Cairan keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.
 
Secara patologis (tidak normal), cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainya. Untuk memastikan diagnosa terhadap keluhan yang suami anda rasakan sebaiknya suami memeriksakan diri ke dokter. Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar