Sukses

Tata Cara Konsumsi Antasida untuk GERD

20 Oct 2014, 05:58 WIB
Pria, 27 tahun.
Dokter saya terkena penyakit gerd.sdh 2 mnggu saya minum obat antasida dan lansoprazole.tp blum uga sembuh.apa boleh antasida dikonsumsi lebih dari 2 mnggu dokter? Trima kasih...
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pengobatan GERD meliputi banyak hal. Yang utama dan terpenting adalah perubahan gaya hidup:

  • Obesitas dan kelebihan berat badan adalah lebih cenderung menderita dari GERD dan gejala terkait. Berat pengurangan sering membantu dalam mengurangi gejala GERD.

  • Perokok adalah pada risiko yang lebih tinggi GERD. Berhenti penggunaan tembakau membantu pasien dengan GERD.

  • Pasien yang dianjurkan untuk makan lebih kecil dan lebih sering makanan daripada makan besar tiga kali sehari. Makanan terakhir hari harus diambil minimal 4 jam sebelum tidur. Berbaring segera setelah makan dapat memperburuk gejala GERD.

  • Makanan dan minuman lain memicu termasuk alkohol, kopi, cokelat, tomat, atau makanan berlemak atau pedas. Ini harus dihindari.

  • Menghindari mengenakan pakaian ketat terutama di sekitar perut juga meningkatkan gejala GERD.

  • Meningkatkan ujung kepala tempat tidur oleh sekitar 20 cm (8 inci) dengan menempatkan irisan atau blok di bawah ini akan membantu untuk mengurangi gejala GERD. Bantal tambahan tidak disarankan sebagai mereka meningkatkan tekanan atas perut.

  • Pasien pada obat-obatan yang meningkatkan risiko GERD disarankan untuk menghentikan obat atau disarankan asam menetralisir atau mengurangi obat dalam hubungannya. Ini menyinggung obat meliputi:
    • nitrat

    • anti-cholinergics

    • antidepresan tricyclic

    • NSAID (Ibuprofen)

    • kalium garam dan bosphosphonates seperti alendronate

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Antasid merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat. Antasid biasanya digunakan sebagai terapi akut (saat gejala sedang muncul). Sehingga jika Anda tidak sedang mengalami serangan akut, antasid tidak perlu dikonsumsi. Untuk terapi rumatan/maintenance dapat diberikan obat golongan PPIs seperti omeprazole atau lansoprazole.

Selain dengan pemberian obat anti asam lambung secara teratur, kami sarankan sebaiknya Anda menjaga pola makannya dengan makan lebih sering dalam porsi kecil dan teratur, menghindari makanan pedas, asam, alkohol, kopi, soda, dan makanan yang dapat merangsang pengeluaran gas seperti kol dan menghindari obat-obatan yang menimbulkan luka pada lambung seperti aspirin. Selain itu, stres psikis juga harus dihindari karena dapat memicu pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Beda Sakit Maag dan GERD

Penelitian: Obat GERD Aman Dikombinasi dengan Plavix?

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar