Sukses

Kutil Di Leher

03 Mar 2014, 08:57 WIB
Pria, 37 tahun.
selamat pagi dok. saya pria 37 th. dok saya mempunyai masalah dengan leher saya, di daerah leher saya tumbuh daging lebih seperti kutilan gitu dok, sangat mengganggu sekali sering gatal. kalau sedang gatal saya mengobati dengan caladine. tapi gatalnya kadang timbul lagi. yang sama mau tanyakan adakah obat untuk menghilangkan daging lebih atau kutilan itu dok? mohon bantuan nya.. atas waktu dan penjelasannya saya mengucapkan banyak terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Terdapat berbagai jenis kelainan  kulit yang dapat menyebabkan kelainan kulit Anda, salah satunya adalah kutil. Namun dalam dunia kedokteran yang dimaksud dengan kutil adalah benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit dan sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Dalam istilah medis kutil disebut papilloma. 

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya. Kutil Moluskum biasa pada ekstremitas memiliki ciri bentuk benjolan kulit dengan lekukan di tengah, yang jika dipencet keluar massa seperti butiran nasi putih.

Namun, untuk kepastian diagnosis, apakah yang Anda alami kutil atau bukan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan langsung. Keluhan kulit paling baik didiagnosis melalui pemeriksaan langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar