Sukses

Gigi Tetap Tumbuh Tidak Rapih 2

28 Feb 2014, 16:22 WIB
Wanita, 33 tahun.
Siang Dokter, mohon bantuannya penjelasannya. saat ini anak saya berusia 5 tahun 7 bulan, gigi seri yang bawahnya saat ini sedang berganti menjadi gigi tetap. akan tetapi tumbuhnya dibelakang atau tidak sejajar dengan gigi susunya (giginya penggantinya baru tumbuh sedikit). apakah itu bisa menjadikan giginya nanti tidak rapi dan apakah bisa diperbaiki?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Dari pemaparan yang Anda berikan dapat diasumsikan bahwa gigi seri rahang bawah anak Anda tumbuh lebih kearah lingual/lidah. Keadaan seperti ini dapat diperbaiki, ajari anak ibu untuk melakukan kebiasaan mendorong gigi seri tersebut dengan lidah kearah ruangan kosong yang ditinggalkan oleh gigi susu.

Namun sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter gigi untuk diperiksa secara langsung sehingga dapat dipastikan perawatan yang tepat untuk kondisinya dan tetap dalam pengawasan dokter gigi . Pada kondisi gigi yang posisinya tidak rapih dapat dilakukan perawatan orthodonti pada anak dengan usia 7 tahun keatas.

Perlu kami jelaskan secara singkat, perawatan orthodontik (kawat gigi atau disebut juga behel) ada 2 macam , yaitu alat orthodontik lepasan dan cekat, masing-masing memiliki indikasi yang berbeda. Pasien dengan kelainan gigi yang ringan biasanya cukup dirawat menggunakan alat orthodontik lepasan. Untuk menentukan rencana perawatan , perlu dilakukan beberapa tahapan pemeriksaan. Sebelum pemasangan kawat, gigi pasien perlu dicetak lalu dibuat model gigi, untuk memudahkan perhitungan kebutuhan ruangan dan mengevaluasi gigi mana saja yang perlu digerakkan. Selain itu juga perlu pemeriksaan radiografi (foto rontgen) terutama bila pasien direncanakan untuk dirawat dengan orthodontik cekat.Kebutuhan ruangan dapat dipenuhi dengan beberapa cara, tergantung dari seberapa besar ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang berada di luar lengkung rahang yang normal.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca Kawat Gigi pada Anak

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar