Sukses

Anak Susah Makan

27 Feb 2014, 13:48 WIB
Wanita, 31 tahun.
anak saya berumur 23 bln, aakah bole d beri vit penambah nafsu makan krn makannya agak sulit, trus umur berapa anak boleh d berikan obat cacing dok? trims
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter

Salam saya untuk anak-anak Anda. Obat cacing diberikan hanya kepada anak-anak yang terbukti cacingan. Anak cacingan tidak memberikan keluhan yang khas. Bisa saja keluhan yang muncul berupa berat badan tidak naik, kurang nafsu makan, atau bila berat bisa sampai pucat (anemia) dan buang air besar keluar cacing. Sehingga, untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan tinja (feces) untuk melihat apakah ditemukan telur cacing atau larva cacing di feses anak. Jika anak tidak cacingan dan tidak ada gejala-gejala cacingan seperti anak menjadi rewel, lesu, pucat, berat badan menurun dan perut kembung, maka anak tidak perlu diberikan obat cacing. Bagaimana dengan anak-anak Anda? Bagaimana dengan berat badan mereka?

Terdapat beberapa jenis obat cacing. Obat cacing biasanya diberikan single dose (1x pemberian) dan diulang 6 bulan berikutnya. Pemberian obat ini harus di bawa pengawasan dokter.

Pencegahan cacingan dapat dilakukan dengan :

  • Cuci tangan dengan sabun setiap anak selesai bermain dan hendak makan
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak
  • Menjaga kebersihan tempat bermain anak
  • Selalu gunakan alas kaki setiap kali keluar rumah
  • Jaga kebersihan makanan yang dikonsumsi oleh anak, dengan melakukan teknik pencucian makanan dan dengan cara memasak yang benar

secara umum penyebab tersering yang menyebabkan anak tidak mau makan adalah :

  • Memakan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki,dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
  • Minum susu terlalu banyak. Padahal setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah pola pikir orangtua
  • Bosan dengan menu makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
  • Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.
  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan krn anak sedang sakit atau sedang sedih.

Apa kira-kira penyebabnya pada anak Anda? Masalah makan pada anak 'badut' (bawah dua tahun) adalah memberikan makan dengan waktu seperti bayi (usia kurang dari 1 tahun), yaitu setiap 3 jam.

  1. Sebaiknya susu hanya diberikan pagi dan malam sebelum tidur
  2. Pukul 9-10 pagi berikan buah/jus buah
  3. Siang hari berikan nasi lembek dengan sayur dan daging cincang, dan
  4. Sore hari berikan roti dengan jus buah atau nasi lembek.

Perlu diingat bahwa nafsu makan anak 'badut' (bawah dua tahun) umumnya mulai berkurang, tapi hal itu normal dialami. Cobalah menyiasati pola makan anak anda seperti tertulis di atas. Diharapkan dengan menerapkan tips tersebut, masalah makan anak anda dapat teratasi dengan baik. Agar mendapatkan penilaian yang lebih menyeluruh, bawalah anak Anda ke dokter.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Anak Anda Susah Makan?

10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak

Anak Sulit Makan?

Pengaturan Makan Bagi Pertumbuhan Anak

Semoga Anda sekeluarga sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Redaksi Klikokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar