Sukses

Tiroid

27 Feb 2014, 14:55 WIB
Wanita, 27 tahun.
selamat sore, saya mempunyai penyakit kelenjar teroid, sudah hampir 1 tahun, setelah mengetahui penyakit itu saya memeriksakan ke dokter dan di scan di RS salah satu di jakarta, diagnosa dokter terdapat kelenjar teroid di leher sebelah kiri. saya minum obat selama 3 bulan dikarenakan kekurangan yodium, setelah itu saya scan untuk ke2 kali nya sedikit mengalami perubahaan lalu sy diberikan obat untuk 3 bulan kedepan selanjutnya. setelah itu saya berhenti minum obat lalu mengikuti pengobatan alternatif dan minum obat herbal. samapi sekarang belum ada perubahan penyembuhan signifikan untuk kelenjar teroid saya, skrg sy memulai mencoba berobat kembali ke dokter. apakah dengan minum obat sy bisa sembuh ataukah harus memalui operasi untuk penyembuhan kelenjar teroid saya. karna saya takut untuk menghadapi operasi. mohon tanggapan nya dan mohon saran untuk rekomendasi pengobatan yang lebih baik untuk kesembuhan saya. terima kasih banyak. yenie saya kekurangan hormon teroid dok.. jadi apa langkah selanjutnya yang harus saya lakukan sebaiknya. mohon saran nya. terima kasih.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium.

Berbagai kelainan yang berkaitan dengan tiroid diantaranya adalah :

  1. Kekurangan hormon tiroid (hipotiroid) yang dapat disebabkan oleh tiroiditis (radang kelenjar tiroid), resistensi hormon tiroid, dan eutiroid sick syndrome
  2. Hormon tiroid berlebih (hipertiroid) yang dapat disebabkan oleh penyakit Grave's, nodul tiroid toksik, De Guervain's tiroiditis
  3. Kista duktus tiroglossus
  4. Kanker tiroid, adenoma tiroid
  5. Goitre
Diantara semua yang saya sebutkan diatas, penyakit manakah yang anda maksud? Karena berbeda penyakit maka akan berbeda penyebab dan terapinya. Jenis terapi dan lamanya tergantung dari jenis penyakit tiroid yang Anda alami. Jika yang Anda maksud hipertiroid, maka memang diperlukan obat-obatan agar kadar hormon tiroid Anda stabil. Jika tidak diobati, hipertiroid dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung, gangguan kesuburan, dan sebagainya. Jika dokter Anda mengatakan harus operasi, maka mungkin itu adalah terapi terbaik untuk Anda dan sebaiknya mengikuti saran dokter yang memeriksa Anda. Kami tidak dapat mendiagnosis maupun menentukan terapi untuk Anda karena tidak melihat dan memeriksa secara langsung kondisi Anda. Pengobatan herbal ataupun alternatif tidak terbukti bermanfaat secara ilmiah, banyak pula yang menimbulkan masalah baru karena pengobatan yang salah.
 
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar