Sukses

Gigi Banyak yang Goyang

20 Oct 2014, 07:40 WIB
Pria, 53 tahun.
Dok...gigi2 saya semua pada goyah kenapa ya dok?. Gidi depan bagian bawah sudah sangat goyah. Kata orang biasanya itu karena gula darah saya tinggi, sedangkan saya bbrp kali test gula darah saya masih dalam batas normal. Dulu saya merokok, tapi sudah 6 tahun ini saya puji Tuhan sudah tidak merokok lagi. Pertanyaan saya...apa yang menyebabkan gigi2 saya goyah semua ya dok? Terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan keluhan yang Anda, sepertinya Anda mengami masalah pada jaringan periodontal. Jaringan periodontal adalah jaringan pendukung gigi, termasuk gusi dan tulang. Bila ada keluhan gigi goyang, dugaan Kami penyakit periodontal yang Anda alami sudah cukup lanjut dan sudah terjadi kerusakan tulang alveolar.

Penyebab dari penyakit periodontal adalah bakteri, namun faktor-faktor pendukungnya banyak terutama kebersihan mulut yang buruk dan akumulasi plak dan kalkulus (karang gigi). Selain itu perokok berat, penyakit sistemik seperti diabetes, penggunaan obat-obatan tertentu yang menimbulkan efek samping terhadap rongga mulut, dan perubahan hormonal pada wanita juga menjadi faktor predisposisi dari terjadinya penyakit periodontal.Selain itu bisa juga karena faktor lokal misalnya susunan gigi geligi yang tidak normal antara gigi atas dan bawah sehingga ada gigi yang berkontak lebih dulu saat rahang dikatupkan. Lama kelamaan hal tersebut dapat juga menyebabkan kerusakan jaringan periodontal.

Untuk perawatannya perlu diketahui dulu penyebab dari penyakit periodontal tersebut. Penyakit periodontal dapat disembuhkan dengan menghilangkan faktor lokal dan sistemik yang memicu terjadinya penyakit tersebut. Pada awalnya setelah dilakukan pemeriksaan lengkap, dilakukan scaling (pembersihan karang gigi) dan penghalusan akar, serta pengasahan bidang kunyah gigi tertentu bila memang terjadi kontak yang berat pada gigi tersebut dengan gigi lawannya. Gigi yang goyang dapat difiksasi dengan menggunakan splinting periodontal, dan dokter gigi mungkin meresepkan obat antibiotik sesuai indikasi. Bila setelah kunjungan berikutnya kondisi Anda blm ada perbaikan berarti, ada kemungkinan perawatan masuk ke tahap selanjutnya yaitu kuretase dan bedah periodontal.

Untuk memastikan diagnosa dan perawatan, tetap diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi oleh karena itu saya menyarankan agar Anda segera memeriksakan diri. Bila dibiarkan berlanjut, kerusakan tulang dapat bertambah parah dan dapat menyebabkan gigi tidak dapat dipertahankan sehingga mau tidak mau harus dicabut

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar