Sukses

BAB Keras Anak

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok.. Sy mempunyai bayi umur 2 bulan 21 hari. Bayi asi. Yang saya mau tanyakan bayi saya sering buang angin keras dan kadang ngeden, di lidahnya ada bercak putih dan bibirnya kering kadang pucat. Apakah itu gejala hipersensitif pada saluran cerna? Bagaimana mengatasinya dok? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kesukaran buang air besar pada bayi memang memusingkan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan BAB sulit pada bayi, terutama yang mengkonsumsi susu formula yaitu konsumsi susu formula dengan kadar zat besi tinggi, susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit, dan pembuatan susu formula terlalu pekat. Jadi perlu diperhatikan kembali jenis susu formula yang dikonsumsi dan bagaimana pembuatan dan penyajiannya.

Selain itu pola makan yang tidak seimbang, yaitu lebih banyak konsumsi lemak, karbohidrat, dan kurang makanan yang mengandung serat juga dapat menyebabkan kesulitan buang air besar.

Penggunaan dulcolactol disarankan tidak dalam jangkan panjang karena dapat mempengaruhi kemampuan alami tubuh untuk buang air besar, namun hal ini perlu dikonsultasikan lagi dengan dokter untuk disesuaikan dengan keadaan masing-masing pasien.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar