Sukses

Perdarahan Mulut

20 Oct 2014, 10:40 WIB
Pria, 21 tahun.
permisi, saya mau tanya.kenapa yaa biasanya tanpa sebab yang pasti,mulut saya tiba keluar darah?.g banyak sih.tapi agak sering,biasanya 1-2 minggu sekali.rasanya itu darahnya seperti keluar dari dalam dan waktu keluar darahnya,dada saya tiba2 agak sesak kalau di buat bernafas.pernah cek ke dokter tapi katanya g papa. mohon bantuannya. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyebab keluarnya darah dari dalam mulut cukup banyak, bisa dari rongga mulut, tenggorokan, organ pencernaan atau organ pernafasan. Selain itu, apda individu dengan gangguan darah juga dapat menyebabkan keluhan mudah berdarah. Untuk mengetahui penyebab pastinya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Perdarahan dari rongga mulut cenderung diakibatkan oleh trauma, gusi berdarah saat sikat gigi. Gusi berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal.

  1. Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  2. Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.
  3. Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.
  4. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi
  5. Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.
  6. Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C
  7. Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Di lain pihak, jika gejala keluarnya darah dari mulut disertai keluhan batuk, bisa jadi organ penyebab perdarahan adalah paru-paru. Batuk darah dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

  1. 1. Infeksi Tuberkulosis Paru (TBC Paru)
  2. 2. Infeksi paru (bronkitis, penumonia)
  3. 3. Kanker paru
  4. 4. Edema paru karena adanya masalah pada jantung
  5. 5. Iritasi saluran napas karena batuk yang terlalu keras
  6. dll.

Selain itu, batuk darah juga perlu dikonfirmasi apakah dari saluran pernapasan atau merupakan darah dari saluran cerna. Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk mendapatkan pemeriksaan langsung. Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar