Sukses

Pengobatan Maag dan Nyeri Haid

19 Oct 2014, 16:41 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat Siang Dok, saya mempunyai penyakit maag sudah lama tetapi awal nya tidak terlalu parah, sejak tahun 2011 sampai saat ini maag saya semakin parah dan sering kali kambuh. berat badan pun semakin lama menurun dari berkisaran 45 kg sampe saat ini berat saya menjadi 37 kg. padahal pola makan, dan olahraga pun sudah saya atur dengan sebaik mungkin. jika maag saya kambuh perut saya terasa sakit dibagian bawah sebelah kiri, biasanya sakit maag itu kan titik letak sakit nya ada pada bagian kiri tidak telalu bawah. dan saat kambuh pun sakit kepala muncul dan rasanya kepala saya mau pecah . beberapa waktu lalu, ketika maag saya kambuh saya berobat ke dokter. dokter pun menyarankan saya untuk USG karena titik letak sakitnya dikiri bagian bawah, karena saya seorang perempuan takud rahim nya kenapa-kenapa. alhasil, saya ikut saran dokter dan ternyata setelah saya USG kata dokter kandungan, semua aman baik-baik saja. dan ketika saya sedang datang bulan sakit nya luar biasa, dan saya hanya menstruasi 2 hari deres,hari selanjutnya hanya flek. Dok, saya mau tanya, kenapa maag saya sering kambuh padahal pola makan dan olahraga pun sudah saya atur, dan kenapa berat badan saya juga tak kunjung naik? apakah saya perlu mengkonsumsi semacam obat penambah berat badan? dan apakah saya wanita yang normal dengan waktu menstruasi yang singkat?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.

Pada dasarnya nyeri maag diakibatkan karena asam lambung yang tinggi, Anda sebaiknya makan tepat waktu dan menghindari rokok, alkohol, serta stress yang dapat memicu sekresi asam lambung. Memang sepertinya keluhan Anda merupakan kumpulan keluhan penyakit maag. Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat mengganggu. 

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung seperti ranitidin atau omeprazole (dengan resep dokter) untuk membantu mengatasi gejala maag tersebut.

 

Terkait pertanyaan kedua Anda mengenai siklus haid, siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan (sindrom polikistik ovarium/PCOS, endometriosis, dsb). Berhubung Anda sudah melakukan pemeriksaan USG dan hasilnya normak, kemungkinan kecil penyebab nyeri haid Anda adalah kedua penyakit ini. Cobalah konsultasikan dengan dokter penyakit dalam untuk pengobatan maag yang tuntas.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar