Sukses

Vagina Gatal dan Keputihan

26 Feb 2014, 17:18 WIB
Wanita, 18 tahun.
selamat pagi dokter, dokter saya gadis berumur 18 tahun , saya tidak suka berolahraga dan mungkin bisa dikatakan jarang gerak, dokter kok saya kalau menjijing atau membawa beban yg berat berat perut saya sakit ya.. terus sudah dua minggu ini kemaluan sy terasa panas dan kadang disekitarnya dan dilamnya gatal, mohon petunjuknya dokter, terimakasih banyak..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.
 
Keluhan nyeri perut saat membawa benda berat dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun jika hanya disebabkan oleh mengangkat benda berat kemungkinan terkait permasalahan otot. Selain itu untuk keluhan kemaluan terasa panas dan gatal bisa jadi merupakan sebuah infeksi daerah vagina atau sekedar iritasi kulit. Apakah terdapat keputihan? Keluhan ini perlu dipastikan apakah karena iritasi saja atau sudah terjadi proses infeksi oleh jamur atau bakteri. 

Khususnya untuk infeksi pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jamur, parasit, ataupun kutu. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga. Gatal pada vagina bukanlah gejala dari penyakit kanker serviks.

Sebagai informasi, keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti sesaat sesudah menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

 

Untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan yang mendetil dan menyeluruh sehingga masalah Anda dapat ditangani dengan tepat dan segera.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)
 
Salam,
 
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar