Sukses

Penanganan Melasma

18 Oct 2014, 19:44 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat pagi dok. Saya mau nanya nih. Saya punya kakak ipar perempuan umurnya sekitar 28 tahunan.Nah, pas dia lagi hamil muncul bercak" warna coklat di wajahnya khususnya di pipi kiri dan kanannya. Tapi orang" bercak itu akan hilang dgn sendirinya setelah melahirkan, Namun setelah kakak saya itu lahiran ternyata kata orang" itu berbanding terbalik.sampai hari ini dia udah 6 bulan melahirkan tapi bercaknya belum hilang juga(sangat mengganggu karena gak biasanya). Nah yg mau saya tanya dok apakah gangguan kulit spt itu komplikasi dari kehamilannya? Dan apa sih terapi yg perlu dilakukan.Kakak saya sih udah pengen ke dokter kecantikan tapi saya nyuruh tunda dulu saya mau tanya ke teman" klik dokter, seharusnya ke dokter spesialis mana konsultasinya. Trim's dok. Saya sangat mengharapkan jawabannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan terkait keluhan kakak ipar Anda. Mengacu kepada cerita Anda kemungkinan kakak Anda mengalami kelainan kulit yang bernama 'Melasma'.  Melasma ialah pigmentasi kulit yang berlebihan, tidak teratur dan berwarna coklat muda hingga kehitaman pada wajah. Bercak-bercak ini bisa muncul di semua bagian kulit yang tidak tertutup pakaian, namun yang paling sering terjadi di pipi, dahi, atas bibir, hidung, dan dagu . Melasma umumnya menyerang usia dewasa (sekitar usia 25-44 tahun) dengan kasus terbanyak pada wanita.

Terdapat beberapa penyebab dari melasma. Faktor-faktor yang ikut berkontribusi dalam terjadinya melasma adalah paparan ultraviolet, genetik, kehamilan, penggunaan kontrasepsi oral dan disfungsi endokrin atau terapi hormon. Kosmetika dan obat-obatan yang mengandung agen fototoksik juga bisa menyebabkan melasma. Pelepasan hormon yang menstimulasi melanosit akibat pengaruh stres, menguatkan dugaan jika melasma juga dipengaruhi stres. Tapi penyebab utama adalah sinar matahari. Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet menstimulasi produksi sel-sel pigmen atau melanosit di kulit. Hal ini akan menyebabkan proses pembentukan melanin sehingga terjadi hiperpigmentasi.

Penanganan melasma perlu waktu lama dan tidak bisa instan. Lamanya pengobatan tergantung berat ringannya masalah yang timbul. Biasanya, hasil pengobatan mulai terlihat pada minggu ke-3 hingga ke-4 dan selanjutnya diperlukan sampai 10 minggu untuk penyembuhannya. Pengobatan melasma dapat dilakukan dengan pemberian obat-obat topikal yang berfungsi untuk menghambat pembentukan pigmen dan mengangkat melanin. Beberapa obat yang digunakan untuk menangani melasma, adalah: Hidrokuinon, Arbutin, Asam Azeleik, Ekstrak Hibiscus.

Kami menyarankan agar kakak Anda berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin untuk keluhan ini. Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar