Sukses

Nyeri Haid, USG Normal

25 Feb 2014, 07:54 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dua hari yang lalu saya check up ke dokter kandungan sehubungan dengan rasa sakit yang saya alami setiap kali haid. Dokter tsb melakukan pemeriksaan USG 2 dimensi, lalu beliau menyatakan tidak ada tumor, kista dsb. Lalu saya bertanya lebih detail mengenai penyebab perut saya nyeri, namun beliau hanya mengatakan "mungkin sel telurnya yang membuat rasa sakit". Jujur saya bingung dan tidak mengerti dengan penjelasan dokter tsb, saya meminta untuk USG transvaginal agar saya tahu lebih jelas, namun dokter tsb mengatakan tidak perlu. Lalu beliau merujuk saya untuk cek lab HB, LED, gol darah ABO & Rhesus, SGOT & SGPT, trigliserida, asam urat dan analisa sperma untuk suami. Menurut dokter, apakah sebaiknya saya mengikuti semua anjuran dokter tsb atau mencari alternatif ke dokter lain? Saya ingin promil, tapi terlebih dahulu saya ingin mengetahui kondisi kesehatan kandungan saya. Dan saya hanya diberi suplemen Fundamin-E dan curcuma. Mohon infonya.. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu:

  • Dismenorea primer: dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh. Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin
  • Dismenorea sekunder: biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain: kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan, dll.

Karena tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan USG, maka kemungkinan Anda mengalami dismenorea primer. Bila Anda ragu, Anda tentu dapat berkonsultasi dengan dokter SPOG lain. Pemeriksaan-pemeriksaan laboratorium yang dianjurkan tersebut sepertinya lebih untuk evaluasi program kehamilan. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar