Sukses

Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

24 Feb 2014, 15:57 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dear Dokter, Dok, saya pernah dengar tentang air soda yang mampu menghilangkan karat pada logam/besi, menurut dokter gigi saya, produksi saliva saya cenderung banyak sehingga bisa jadi salah satu faktor penyebab pembentukan karang gigi (tiap beberapa bulan gigi saya sering muncul karang gigi) selain karena struktur gigi saya yang tidak beraturan, yang ingin saya tanyakan, bisakah atau efektifkah air soda (coke) dipakai untuk berkumur dan membersihkan karang gigi dok tapi setelah berkumur dengan air soda (coke) berkumur lagi dengan air biasa untuk menghilangkan kandungan gula pada air soda(coke)tersebut yang masih tertinggal dimulut? Selain itu saya sudah mencoba beberapa merk obat kumur tapi rasanya dimulut/lidah saya panas, pedas dan kelu jadi saya tidak pernah bisa tahan lama berkumur dengan obat kumur dok. terima kasih banyak atas penjelasannya, salam, April
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Karang gigi terbentuk karena plak gigi yang tidak dibersihkan atau tertinggal di gigi. Dengan menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut secara baik dan benar maka karang gigi tidak akan terbentuk. Sebaiknya Anda lebih cermat lagi dalam menjaga kebersihan gigi Anda mengingat posisi gigi Anda yang tidak beraturan sehingga menyulitkan dalam membersihkan bagian-bagian tertentu dari gigi tersebut. Obat kumur juga baik untuk menghilangkan plak yang menjadi cikal bakal karang gigi, namun apabila dalam pemakaiannya menimbulkan keluhan tertentu pada Anda maka sebaiknya dihentikan pemakaiannya.

Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut serta ujung kepala yang mengecil. Perhatikan gerakan dalam menyikatnya yaitu sikatlah dari arah gusi ke gigi dan dilanjutkan dengan permukaan lainnya seperti permukaan kunyah, lakukan penyikatan tersebut secara berulang-ulang dan dengan pelan-pelan. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Mengenai minuman soda yang Anda tanyakan, bahwa sampai saat ini belum kami temukan penelitian yang telah dilakukan terkait hal tersebut. Malah sebaliknya, minuman soda amatlah tidak baik bagi kesehatan gigi karena kadar gula yang terkandung didalamnya serta bahan yang bersifat asam dari minuman tersebut dapat mengikis permukaan gigi (erosi).

Berikut kami sertakan artikel yang dapat Anda baca

Pembersihan Karang Gigi Merusak Email?

Plak dan Karang Gigi

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar