Sukses

Haid Terlambat, Test Pack Negatif

16 Oct 2014, 11:08 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok... mau tanya.. saya dh 3bln menikah... terakhir menstruasi tgl 9 januari... sampai sakrg saya blm menstruasi lg.. sudah saya coba tes pakai tespack tgl 20 februari hasilnya negatif... sampe sakrg perut sebelah kanan saya sakit sperti menstruasi.. kira kira knp ya dok.. sebelumya menstruasai tiap bulanya lancar paling k telat 2hr mohon jawabanya.. terima kasiah
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salah satu penyebab terlambat haid adalah kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Untuk itu, sebaiknya Anda menantikan terleih dahulu kedatangan haid Anda 1 minggu lagi.

Namun, untuk lebih memastikan penyebab keterlambatan haid Anda, kami menyarankan Anda mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar