Sukses

Efek Samping KB Susuk
22 Dec 2015, 09:59 WIB
Wanita, 31 tahun.

Saya wanita usia 32 tahun sudah menikah 6 tahun dan memiliki 2 orang anak. Saya memakai KB susuk mulai Januari 2013. Semenjak memakai KB susuk, haid saya tidak teratur dan darah yang keluar tidak berwarna merah tetapi berwarna coklat. Mulai bulan November 2013 haid saya mulai lancar. Masalahnya. Pada bulan Januari 2014 darah haid yang keluar jumlahnya normal tp 1 bulan tidak selesai-selesai. Dalam 1 bulan itu saya haid selama 1 minggu trus berhenti selama 2-3 hari, pada saat darah haid sudah tidak keluar itu saya melakukan hubungan suami istri tapi setelah penetrasi darah haid saya keluar lg sampai 1 minggu. Kejadian ini terus berulang selama 1 bulan. Pertanyaan saya: 1. Apa yang sebenarnya terjadi pada diri saya dan apa yang harus saya lakukan? 2. Apakah ada hubungannya dengan jenis KB yang saya pakai? 3.Kalo misalkan saya harus melakukan tes lab. tes apa yang harus saya jalani? Terima kasih.

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke jawaban dr. Puti Naindra Alevia.

Efek Samping KB Susuk

Salah satu efek samping dari penggunaan KB Implan (AKBK = Alat Kontrasepsi Bawah Kulit) memang gangguan menstruasi/haid berupa haid tidak teratur atau bahkan tidak keluarnya haid sama sekali.

Hal ini terjadi karena efek hormon yang dilepaskan oleh kapsul implan dan biasanya terjadi pada 6% akseptor KB jenis ini.

Biasanya efek samping ini terutama ditemukan pada 3 - 6 bulan pertama penggunaan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

1 Komentar

  • Andi Lilis

    slamat siang dok..saya mau tanya. istri saya mau pasang KB inplan tp seminggu setelah haid bs tidak ya dok..soalnya jadwal layanan dpuskesmas hari kamis.tu pas seminggu hbs haid....trimakasih