Sukses

Stretch Mark & Varises Saat Hamil

24 Feb 2014, 19:18 WIB
Wanita, 31 tahun.
dok, saya hamil 7 bln, dan baru2 ini ada garis2 merah d perut dan di bagian lipatan belakang lutut, utk penangannya apa ya dokter?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Garis-garis di perut yang sering disebut stretch mark (striae)  terjadi karena peregangan kulit dalam waktu singkat seperti pada kehamilan, kegemukan atau pemakainan obat steroid pada penderita asma sehingga kulit kehilangan elastisitasnya.  Striae biasanya diawali dengan garis kemarahan atau keunguan, lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih, tapi bila diamati seperti silver. Pada kehamilan sering kita menyebutnya sebagai "striae gravidarum". 

 

 

Lapisan kulit terdiri dari 3 lapisan lapisan epidermis (paling luar), lapisan dermis, lapisan endodermis. Lapisan dermis adalah lapisan yang yang menyangga kulit agar tetap mulus dan banyak mengandung pembuluh darah yang mengangkut nutrisi, sehingga terjadinya stretch mark karena menyebarnya pembuluh-pembuluh darah dari dermis ke lapisan epidermis yang menipis. Ibu hamil yang selama kehamilannya banyak mengkonsumsi cairan, nutrisi tinggi dan diet seimbang akan mencegah terjadinya striae. Stretch mark atau striae yang sudah terjadi tidak dapat dihilangkan seratus persen tapi hanya bisa diminimalisir dengan menggunakan krim disertai melakukan tindakan -tindakan medis.

 

 

 

Biasanya setelah 6 bulan pasca melahirkan striae akan menipis bahkan akan terlihat hilang , kecuali pada stretch mark yang berat. Saat ini banyak produk krim yang dapat digunakan pada wanita hamil untuk mencegah terjadinya striae yaitu yang mengandung vit A , vit E dan extra virgin coconut oil yang membuat kulit tetap kencang .

 

 

Sebenarnya krim yang mengandung Retin A cukup ampuh untuk mengurangi strecth mark , karena dapat menembus lapisan luar kulit dan memperbaiki sel-sel kulit dan kolagen , hanya produk ini tidak dapat digunakan untuk Ibu yang sedang mengandung ataupun menyusui.

 

 

 

Gunakanlah krim yang tidak banyak mengandung lemak agar mudah terserap kedalam kulit dan diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak nutrisi. Oleskan krim tersebut setiap hari sambil melakukan massage agar memperbaiki sirkulasi darah setempat. Untuk hasil yang lebih baik Anda dapat berkunjung ke klinik kecantikan kulit yang di supervisi oleh Dokter yang berpengalaman untuk mendapatkan perawatan dengan menggunakan mikrodermabrasi atau laser sehingga kulit Anda dapat kencang dan mulus kembali.

 

Sedangkan varises pada betis adalah pembuluh darah vena di bawah kulit yang mengalami peregangan karena dindingnya yang menghalus serta volume darah yang meningkat. Peningkatan berat rahim mengakibatkan adanya peningkatan tekanan pada vena sehingga memperlambat aliran darah vena tersebut. Pada beberapa ibu hamil varises dapat terlihat sebagai titik-titik biru atau ungu atau tampak pembuluh darah yang menonjol. Varises biasanya muncul pada akhir trimester kedua, dan umumnya ditemukan pada tungkai. Kadang dapat ditemukan juga varises pada vagina atau vulva. Untuk mencegahnya bertambah Anda dapat menggunakan stocking khusus untuk varises yang dapat didapatkan di apotik tertentu. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar