Sukses

Mengatasi Ulkus Lambung

24 Feb 2014, 19:26 WIB
Wanita, 24 tahun.
saya punya nenek umur 70 tahun, menurut dokter ada luka d lambungnya yg bisa dikategorikan kronis. Untuk tidurpun susah, sudah 2 tahun ini tergantung dengan obat tidur. Apakah ada solusi untuk mengantisipasi penyakit ini dan agar tidak bergantung terhadap obat - obatan, adakah referensi dokter untuk menangani penyakit ini daerah Padang. Terima Kasih Sebelumnya saya sampaikan :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Apakah yang Anda maksud adalah ulkus lambung? Ulkus lambung adalah perlukaan terbuka pada lapisan dalam lambung. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ulkus lambung, diantaranya adalah peningkatan asam lambung karena merokok, stres, faktor genetik, dan dapat juga disebabkan oleh bakteri (misalnya Helicobacter pylori) atau obat-obatan yang menyebabkan melemahnya lapisan lendir pelindung lambung sehingga asam lambung bisa menembus lapisan di bawahnya.

Pemakaian NSAIDs (non-steroid anti inflammatory drugs, obat anti peradangan non-steroid) berlebihan juga dapat menyebabkan kelainan saluran pencernaan dan perdarahan. Alkohol dan merokok dapat memicu terbentuknya ulkus. Selain itu, kopi, teh, soda dan makanan yang mengandung kafein dapat merangsang pelepasan asam lambung dan memicu terbentuknya ulkus.

Pengobatan ulkus lambung terdiri atas penghambat H2 (misalnya ranitidin, famotidin dan cimetidin). Pada ulkus yang disebabkan oleh Helicobacter pylori, akan diberikan terapi antibiotik. Masa penyembuhan biasanya memerlukan waktu selama 8 minggu, tetapi nyeri biasanya akan menghilang setelah beberapa hari. Meskipun gejalanya telah mereda, obat harus diminum sampai habis agar infeksi benar-benar reda. 

Untuk penanganan penyakit ini, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam di kota Anda. Anda dapat memanfaatkan fitur 'Cari Dokter' di laman utama kami. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar