Sukses

Riwayat Seks Bebas: Tertular HIV?

24 Feb 2014, 08:06 WIB
Pria, 18 tahun.
Selamat pagi Pak/Bu Dokter, saya mau konsultasi tentang infeksi menular seksual. Salah seorang teman saya ada yang divonis terkena ims, apakah dia pasti berlanjut terkena HIV? Gimana caranya agar dia tidak terjangkit HIV ya Dok? Sekarang dia sudah berhenti melakukan free seks. Terima kasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Infeksi menular seksual apakah yang dialami oleh teman Anda? Adanya riwayat hubungan seks bebas tentunya meningkatkan risiko infeksi menular seksual. Infeksi ini tidak hanya berupa infeksi dengan manifestasi klinis lokal pada kulit alat kelamin maupun bagian dalam saluran kemih, namun juga infeksi yang bersifat menyeluruh (sistemik) dan kronis (berkelanjutan) seperti Hepatitis B dan HIV-AIDS. 

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Kami menyarankan Anda berkonsultasi ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan sudah terjadinya penularan infeksi pada teman Anda seperti HBsAg untuk Hepatitis B, Anti-HCV untuk Hepatitis C, dan skrining HIV. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar