Sukses

Nyeri Post Operasi Empedu

20 Oct 2014, 06:27 WIB
Wanita, 22 tahun.
4 tahun yang lalu saya pernah menjalani operasi pengangkatan kantong empedu. tapi akhir-akhir ini saya merasakan nyeri di bagian yang sama seperti saya mengalami sakit sebelum operasi. apa yang harus saya lakukan? apa ginjal atau liver saya bermasalah karena efek dari operasi? thanks..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apa diagnosis penyakit Anda saat itu? Apakah ditemukan batu empedu, kista empedu, atau apa? Apakah ada keluhan lain seperti mual, muntah, diare, kuning, dan sebagainya? Sulit bagi kami menegakkan diagnosis penyakit Anda dengan informasi terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik.

Keluhan gangguan pencernaan sering terjadi pada pasien post operasi pengangkatan kandung empedu. Hal ini disebabkan karena diet yang salah.

Kandung empedu adalah sebuah kantong yang berfungsi menampung cairan empedu yang dihasilkan oleh hati. Ketika kita makan makanan berlemak, kantung empedu akan mengeluarkan empedu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan tersebut dalam jumlah yang sesuai. Semakin banyak makanan berlemak yang dimakan, semakin banyak pula empedu yang dibutuhkan.

Jika kantung empedu sudah diangkat, empedu tetap akan dikeluarkan ke dalam usus namun dalam jumlah yang tetap (konstan) secara berkesinambungan, sehingga lebih sulit dalam mencerna makanan berlemak yang dimakan (kurang efektif). Adanya perubahan konsentrasi empedu yang dikeluarkan ketika makan makanan yang tinggi kadar lemaknya dapat menyebabkan diare atau kembung, karena kelebihan lemak yang tidak tercerna akan menarik lebih banyak air ke dalam usus, dan karena bakteri mencerna lemat tersebut sehingga menghasilkan gas. Pada beberapa penelitian, ditemukan bahwa setelah kantung empedu diangkat kelebihan empedu di sela-sela jam makan dapat menyebabkan diare. Namun, diare ini hanya berlangsung sementara.

Karena itulah, diet pada pasien yang telah menjalani pengangkatan kantung empedu sebaiknya diet yang rendah lemak. Hindari atau kurangilah makanan yang yang digoreng, daging-dagingan (terutama yang berlemak), keju, kacang-kacangan, es krim, dll. Jika makan di luar hindari juga makanan cepat saji karena biasanya mengandung banyak lemak. Yang juga penting adalah makan secara teratur, karena empedu yang dikeluarkan jumlahnya konstan. Makanan yang dimakan juga perlu memiliki komposisis lemak protein, dan karbohidrat yang sama.

Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari tahu penyebab keluhan Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar